Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kongres Ke-30 HMI di Ambon, Presiden Jokowi Dipastikan Hadir

Kompas.com - 22/01/2018, 19:39 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kota Ambon ditetapkan sebagai tuan rumah Kongres ke-30 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Sesuai rencana, acara pembukaan kongres akan berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon pada 9 Februari 2018.

Ketua Panitia Nasional Kongres ke-30 HMI Fauzi Marasabessy kepada Kompas.com mengungkapkan, kesiapan panitia untuk menyukseskan kegiatan kongres tersebut telah mencapai 90 persen.

“Persiapan sudah mencapai 90 persen, jadi sudah sangat siap sekali,” kata Fauzi melalui telepon selulernya, Senin (22/1/2018) malam.

Fauzi memastikan bahwa Kongres HMI tersebut bakal dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo serta akan dihadiri oleh sejumlah menteri dan pimpinan lembaga negara.

“Ketua Umum sudah ketemu Presiden untuk memastikan kedatangannya ke Ambon. Jadi Pak Presiden sudah bisa dipastikan akan membuka Kongres HMI di Ambon,” ujarnya.

Selain Presiden Jokowi, Fauzi mengaku panitia dan Pengurus Besar HMI juga telah menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di kediamannya. Fauzi mengatakan, Kalla telah menyatakan kesiapannya untuk menghadiri Kongres HMI di Ambon.

“Kalau Wapres, kita dari pengurus sama Ketum sudah ketemu langsung dan beliau sebagai senior memastikan hadir,” ucapnya.

Baca juga: Jokowi Undang HMI ke Istana, Apa yang Dibahas?

Fauzi pun meminta kepada semua elemen masyarakat di Maluku, khususnya para pemuda, untuk menyukseskan penyelenggaraan kongres tersebut.

”Jumlah peserta kongres dan rombongan yang akan datang ke Ambon diperkirakan mencapai 5.000 orang. Jadi harapan kami semua elemen masyarakat di Maluku, khususnya Kota Ambon, dapat mendukung kegiatan ini,” pintanya.

Sebelumnya, Gubernur Maluku Said Assagaff dan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy juga telah menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan Kongres HMI di Ambon. Mereka meminta agar seluruh masyarakat di Ambon mendukung kegiatan tersebut dan menunjukkan kepada bangsa Indonesia bahwa Kota Ambon merupakan kota yang terbuka dan ramah.

“Dari sisi ekonomi, Kongres HMI di Kota Ambon akan sangat berdampak pada perputaran ekonomi di kota ini, dan yang kedua, kegiatan ini harus dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata di Ambon,” ungkap Richard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com