Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Daniel Muttaqien Dipilih Jadi Cawagub, Ulama Pantura Temui Ridwan Kamil

Kompas.com - 22/12/2017, 12:30 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Ratusan ulama dari sejumlah pesantren dan forum komunitas dai di wilayah pantai utara (pantura) Jawa Barat mendatangi Pendopo Kota Bandung, Rumah Dinas Wali Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (22/12/2017). Kedatangan mereka disambut oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Muhammad Ali, perwakilan dari Pesantren Imam Al Ghazali Indramayu, mengatakan, kedatangan para ulama untuk menyampaikan aspirasi mereka yang masih berharap bakal calon gubernur Ridwan Kamil memilih Daniel Muttaqien sebagai bakal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya pada Pilkada Jawa Barat 2018.

“Kami ingin silaturahim dan berupaya untuk memberikan pemahaman kepada Kang Ridwan Kamil bahwa kami sudah ikut juga untuk berpartisipasi dalam rangka mendongkrak popularitas beliau. Kami sudah keliling untuk silaturahim, mengadakan tablig akbar dan acara-acara lain se-Jawa Barat dengan komposisi wakilnya Haji Daniel Muttaqien,” ujar Ali seusai pertemuan, Jumat siang.

Ali menambahkan, para ulama menilai Daniel Muttaqien merupakan sosok yang tepat untuk mendampingi Ridwan Kamil pada Pilkada Jawa Barat 2018. Pasalnya, keluarga Daniel terutama ayahnya, Irianto MS Syafiuddin, yang pernah menjabat sebagai Bupati Indramayu dua periode membuat banyak kebijakan yang berpihak kepada kalangan pesantren.

“Rekam jejak keluarga beliau (Daniel), terutama dalam segmentasi agama, telah kami rasakan di Indramayu. Ada juga kebijakan-kebijakan keagamaan itu, kami titipkan amanat itu kepada perwakilan nanti di Jawa Barat, Mas Daniel Muttaqien,” ungkapnya.

Baca juga: Bukan dari Kalangan Santri, Daniel Muttaqien Dianggap Tak Lengkapi Ridwan Kamil

Dengan kondisi Partai Golkar yang saat ini sudah menyatakan untuk mencabut dukungan dari koalisi pendukung Ridwan Kamil, Ali mengatakan, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan pimpinan pusat Partai Golkar di Jakarta.

“Kami akan silaturahim ke DPP dan kami juga akan berkomunikasi dengan elite di sana,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menerima aspirasi dari para ulama pantura. Meski demikian, pria yang akrab disapa Emil ini tidak bisa memberikan banyak komentar mengingat kondisi saat ini Partai Golkar telah mencabut dukungan darinya.

“Posisi hari ini Golkar sudah mencabut dukungan, jadi susah saya memberikan komentar,” ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Emil menyarankan kepada para ulama pantura agar menyampaikan hal tersebut kepada DPP Partai Golkar.

“Saya sarankan aspirasi ini tidak hanya dari lingkungan politik, tapi juga dari dukungan masyarakat. Maka masyarakat, khususnya para kiai, saya sarankan menyampaikan aspirasinya kepada pengambil keputusan (Partai Golkar),” tuturnya.

Kompas TV Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto Hari ini (9/11) menyerahkan surat keputusan dukungan pada Ridwan Kamil sebagai Cagub Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com