Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandang Ternak Rusak, Kadiyo Ajak Kambingnya Tidur Serumah

Kompas.com - 11/12/2017, 13:16 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Banjir bandang yang menerjang wilayah Bantul, Yogyakarta, menyisakan penderitaan bagi warganya.

Salah seorang warga Dusun Poyahan, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul, Kadiyo (80), terpaksa tinggal satu atap dengan ternak kambing miliknya. Sebab, kandang kambing miliknya rusak karena banjir.

Ditemui di rumahnya, Kadiyo bersama istrinya menemui para jurnalis dari tempat tidurnya. Tak jauh dari tempat tidur sederhananya itu, tiga ekor kambing jenis jawa tampak beristirahat dan tak terganggu oleh kehadian orang lain.

Pria tunanetra ini tinggal bersama istri, seorang anak dan seorang cucu. Karena keterbatasan tempat, istri, anak dan cucunya tinggal di rumah utama. Sementara Kadiyo tinggal di rumah kecil bersama kambingnya.

Tembok tua dengan beberapa bagian mengelupas melindungi Kardiyo dari hawa dingin dan panas.

"Kambingnya kasihan jika musim penghujan seperti saat ini. Mending saya masukkan (ke rumah)," ucapnya ditemui di rumahnya, Senin (11/12/2017).

Kandang kambing miliknya nyaris runtuh diterjang banjir akibat talud rusak pada Selasa (18/11/2017) lalu. Dia berinisiatif untuk memasukkan kambingnya agar aman jika sewaktu-waktu longsor.

"Saya di sini bersama kambing, mereka (kambing) tidak mengganggu," ujarnya.

Baca juga : Tersapu Banjir Bandang, Sawah di Gunungkidul Tinggal Bebatuan Cadas

Di usia yang semakin menua, kondisi kesehatannya kian menurun. Penglihatan terganggu. Sejak 40 tahun terakhir ia tidak bisa berjalan normal sehingga waktunya banyak dihabiskan di tempat tidur.

Wagiyem, istri Kadiyo menceritakan, suaminya saat ini tidak bisa beraktivitas normal.

"Dulu masih bisa berjalan normal, sekarang agak susah diajak berjalan," imbuhnya.

Perekonomian keluarga ini hanya mengandalkan anaknya, Sri Rahayu yang bekerja sebagai penjaga toko. Sebab, dirinya tidak punya penghasilan lain. "Sawah tidak punya," ujarnya.

Baca juga : Ada Banjir Bah, Warga Panik Selamatkan Mobil Terbawa Arus

Ketua RT 02, Maryono, mengatakan pemerintah melalui kepala desa sudah meninjau kerusakan di rumah Kadiyo, Minggu (10/12/2017) kemarin. Pemerintah desa menjanjikan akan memeberikan bantuan.

"Katanya (Kades) mau diberikan bantuan," ujarnya.

Kompas TV Presiden Joko Widodo, mengunjungi sejumlah lokasi yang terdampak banjir di Pacitan Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com