Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rel di Bawah Tanggul Lumpur Sidoarjo Tergenang Banjir, 5 Jadwal Perjalanan KA Dibatalkan

Kompas.com - 27/11/2017, 14:03 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com - Sebanyak 5 jadwal perjalanan kereta api (KA) yang melintas rel di bawah tanggul lumpur di Kecamatan Porong Sidoarjo, Jawa Timur, dibatalkan, Senin (27/11/2017). Pembatalan karena rel KA di jalur tersebut terendam banjir.

Lima jadwal perjalanan KA yang dibatalkan, yakni Kereta Api Bima relasi Kertosono-Surabaya Gubeng-Malang. Sebagai gantinya, dijalankan Kereta Api Luar Biasa (KLB) relasi Kertosono-Blitar-Malang.

Lalu Kereta Api Mutiara Selatan relasi Kertosono-Surabaya Gubeng-Malang dibatalkan, sebagai gantinya dijalankan KLB relasi Kertosono-Blitar-Malang.

"Penumpang KA Bima dan Mutiara Selatan dengan tujuan Malang, dapat turun di Kertosono dan kemudian dilanjutkan menuju Malang menggunakan KLB relasi Kertosono-Blitar–Malang," kata Gatut Sutyatmoko, manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

Sementara untuk penumpang Bima dan Mutiara Selatan yang berangkat dari Surabaya Gubeng, kata Gatut, akan menggunakan rangkaian KLB Surabaya Gubeng- Kertosono.

Kereta Api Logawa relasi Jember-Surabaya Gubeng juga dibatalkan karena banjir di rel bawah tanggul lumpur. Kereta Api Ranggajati relasi Jember–Surabaya Gubeng dan Kereta Api Probowangi dibatalkan untuk relasi Surabaya Gubeng-Bangil.

Baca juga : Rel di Bawah Tanggul Lumpur Sidoarjo Ditutup karena Tergenang Banjir

PT KAI Daop 8 Surabaya juga mengubah pola operasi perjalanan KA yang melintas di Porong Sidoarjo, seperti KA Jayabaya relasi Pasar Senen-Malang langsung memutar lewat Wonokromo-Kertosono-Blitar-Malang. Kereta Api Lokal relasi Surabaya Kota-Malang-Blitar berhenti di Sidoarjo, KA Lokal relasi Blitar-Malang-Sidoarjo berhenti di Bangil, sementara KA Komuter Surabaya Kota-Porong berhenti di Sidoarjo.

Gatut meminta maaf kepada penumpang baik yang perjalanannya mengalami keterlambatan atau pembatalan.

"Bagi yang mengalami pembatalan perjalanan, silakan mengambil kembali bea tiketnya 100 persen di loket dengan menunjukkan boarding pass asli dan kartu identitas di loket stasiun," ujarnya.

Seperti diberitakan, rel di sepanjang jalur KA yang berlokasi tepat di bawah tanggul lumpur Sidoarjo, hari ini tergenang banjir. Ketinggian air mancapai 29 centimeter dari atas rel.

Kompas TV Banjir semakin membesar dan membawa material lumpur dan bebatuan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com