Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emil Dardak: Saya Siap Bertanggung Jawab Atas Apa yang Terjadi

Kompas.com - 23/11/2017, 18:52 WIB
Slamet Widodo

Penulis

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak menjelaskan ihwal keputusannya mendampingi Khofifah Indar Parawansah dalam Pilkada Jawa Timur 2018. 

Emil mengatakan, sejak ia terpilih menjadi Bupati Trenggalek beberapa waktu lalu, ia kerap menjaga komunikasi dengan partai pengusungnya. Hal ini dilakukannya untuk menjaga etika dan menghormati kebijakan tujuh partai pengusung. 

“Saya langsung menghubungi pengurus tujuh partai pendukung saya di Pilkada Trenggalek untuk menjelaskan situasinya,” ujar Emil Dardak, Kamis (23/11/2017).

Emil Dardak mengaku rekomendasi awal yang datang dari Partai Demokrat beberapa hari lalu, di luar dugaannya. Begitupun dengan rekomendasi Partai Golkar. Atas pilihannya ini, Emil mengaku siap bertanggung jawab atas semua yang telah terjadi.

“Peristiwa yang terjadi dua hari terakhir di luar dugaan. Saya benar-benar tidak mengetahui amanah itu ada pada saya. Dan saya siap bertanggung Jawab atas apa yang sudah terjadi sejauh ini,” ucapnya.

(Baca juga : Dampingi Khofifah di Pilkada Jatim, Emil Dardak Dipecat sebagai Kader PDI-P)

Emil Dardak menjelaskan, amanah sebagai bakal calon wakil gubernur Jawa Timur terjadi secara tidak terencana.

Bermula dari makan siang di sela kegiatan perjalanan dinas, salah satu partai pengusung menyampaikan amanah kepada Khofifah dan Emil Dardak untuk maju dalam Pilkada Jawa Timur 2018.

“Tentunya tujuh partai pengusung memiliki reaksi yang berbeda. Kita hormati posisi masing masing beliau. Pada prinsipnya sama-sama menghormati langkah yang diambil dari masing-masing pihak,” ucapnya.

Meski demikian, Emil Dardak akan tetap berkonsentrasi terhadap pembangunan di Trenggalek Jawa Timur. Karena perjalanan pilkada masih jauh.

(Baca juga : Emil Dardak Pilih Terima Pinangan Partai Lain, Apa Respons Megawati?)

 

Ia berharap, di balik amanah yang diberikan kepadanya, akan ada hikmahnya dan berdampak positif bagi pembangunan Kabupaten Trenggalek.

“Hingga saat ini, saya (Emil Dardak) maupun bu Khofifah masih menjalankan aktivitas masing-masing seperti biasa. Saya kembali konsen kerja untuk Trenggalek, sedangkan beliau (Khofifah) melanjutkan aktivitas sebagai Menteri Sosial,” tuturnya.

“Sedangkan untuk Pilkada, karena masih jauh, saya tidak mau membahas lebih jauh. Apabila benar-benar sudah tiba waktunya, baru kita bahas,” ungkapnya.

Kompas TV Simak pernyataan Emil Dardak berikut ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com