Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Ini Ikrar 4.444 Bu Nyai "Tapal Kuda" Menangkan Gus Ipul - Azwar Anas

Kompas.com - 20/11/2017, 11:45 WIB
Josephus Primus

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 4.444 Ibu Nyai Pengasuh Pesantren, mubalighah, tokoh penggerak dan aktivis perempuan Nahdlatul Ulama (NU) se-wilayah "Tapal Kuda" Jawa Timur berikrar memenangkan pasangan cagub dan cawagub Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Abdullah Azwar Anas di Pilkada Jatim 2018.

Ikrar dibacakan dalam sebuah acara di Pesantren Walisongo, Mimbaan, Panji, Situbondo, Minggu (19/11/2017). Hadir dalam acara tersebut, Gus Ipul dan Azwar Anas beserta isteri, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, KHR Moh Kholil As'ad tuan rumah acara; Nyai H Djuwairiyah Fawaid Pengasuh Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo; KH Mujib Imron, Pasuruan; KH Fuad Hasan Sidogiri; serta ribuan Ibu Nyai dari berbagai pesantren di wilayah "Tapal Kuda" Jatim.

Ikrar dibacakan oleh 10 perwakilan Bu Nyai usai pembacaan lantunan sholawat Nabi. Ada 5 poin ikrar yang dibacakan yakni :

1. Berpegang teguh pada aqidah atau ajaran, nilai dan tradisi Islam ahlussunah waljamaah. Senantiasa setia dan tunduk pada keputusan Nahdlatul Ulama.

2. Berkomitmen untuk senantiasa menjaga dan menciptakan situasi dan kondisi Jawa Timur yang aman dan kondusif serta pemilu yang damai dan bermartabat.

3. Bersedia menyatukan langkah dan tekad bergerak bersama satu komando satu barisan dalam mengawal dan mendukung calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf dan H Abdullah Azwar Anas pada Pilkada Jawa Timur 2018.

4. Bersedia berperan aktif dan siap dhofir dan batin untuk memenangkan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf dan H Abdullah Azwar Anas pada Pilkada Jawa Timur 2018.

5. Pantang menyerah dan putus asa serta akan berdiri di garda terdepan dalam mengawal kemenangan calon gubernur San wakil gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf dan H Abdullah Azwar Anas pada Pilkada Jawa Timur 2018.

KHR Moh Kholil As'ad, tuan rumah acara, dalam rilis yang diterima KOMPAS.com berharap, seluruh Ibu Nyai dan seluruh warga NU bisa mendukung dan memenangkan Gus Ipul-Anas sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur. "Semoga menang jadi gubernur dan bermaslahat bagi Umat khususnya bagi warga Jawa Timur," kata KH Kholil.

Ikrar dukungan ribuan Bu Nyai ini merupakan kali ketiga setelah pada 7 Oktober 2017 juga dilakukan oleh 4.444 Ibu Nyai dari daerah Madura di Ponpes KH Syaichona Cholil Bangkalan-Madura.

Selanjutnya ikrar serupa juga sudah dilakukan oleh ribuan Ibu Nyai se Mataraman pada 30 Oktober 2017 di Pesantren Al Amin, Ngasinan, Kediri. (KONTRIBUTOR JAWA TIMUR/ACHMAD FAIZAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com