Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satpolair Polres Jepara Bantu Kelahiran Darurat di Pulau Panjang

Kompas.com - 10/11/2017, 20:30 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

JEPARA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah, melaksanakan pertolongan pertama kepada warga Pulau Panjang, Kecamatan Jepara, yang hendak melahirkan secara darurat, Jumat (10/11/2017).

Sekitar pukul 10.30 WIB, dengan menumpang speedboat "Elang Laut",polisi bersama tim medis menyeberang lautan dari Pelabuhan Pantai Kartini menuju Pulau Panjang. 

Setelah melalui perjalanan sekitar setengah jam dengan jarak 1,5 mil, petugas langsung mengevakuasi Fitria (30) dari rumahnya. 

Warga Pulau Panjang yang tengah hamil tua itu dilaporkan mengalami kondisi terdesak menjelang melahirkan. Selama ini di pulau seluas 19 hektar itu diketahui tidak ada puskesmas.

"Secara hati-hati anggota Satpolair Polres Jepara bersama tim medis mengawal perjalanan laut Ibu Fitria menuju rumah sakit. Ini adalah upaya kami dalam menindaklanjuti laporan warga. Quick Respon sudah menjadi tugas kami," kata Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho kepada Kompas.com.

Baca juga: Disangka Batu Ginjal, Wanita Ini Ternyata Hamil dan Segera Melahirkan

Menurut Yudianto, begitu menerima laporan warga perihal kondisi kehamilan Fitria, polisi langsung mempersiapkan segalanya, mulai dari penjemputan warga, koordinasi dengan tim medis, persiapan lokasi kapal bersandar, hingga ambulans.

"Semua berjalan lancar hingga Ibu Fitria kami antar menumpang ambulans menuju rumah sakit. Warga Pulau Panjang berpenghuni sekitar 500 KK. Pelayanan menjadi prioritas kami karena memang tidak ada puskesmas di Pulau Panjang," ujar Yudianto.

Sementara itu, pihak keluarga Fitria mengapresiasi pelayanan sigap dari petugas dalam menindaklanjuti laporan masyarakat. Setidaknya Fitria bisa bernapas lega mendapatkan pelayanan medis dari RSUD RA Kartini Jepara.

"Alhamdulillah istri saya baik-baik saja dan langsung mendapat perawatan medis. Terima kasih kepada polisi yang sangat cepat bertindak," kata Junan (33), suami Fitria.

Kompas TV Charlotte terlahir dengan kondisi tunarungu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com