Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Berusia 15 Tahun, Berat Badan Sukma Hanya 10 Kilogram

Kompas.com - 04/10/2017, 15:11 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR,KOMPAS.com – Nadia (10 tahun) dan kakaknya Sukma (15 tahun), dua anak perempuan asal Desa Bulo, Kecamatan Luyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat,  dilarikan keluarganya ke Rumah Sakit Umum Polewali Mandar, karena kondisi badannya terus drop atau menuurun, sejak sepekan lalu.

Berat badan Nadia hanya 12 kilogram. Sementara sang kakak lebih memprihatinkan lagi, dengan berat badannya yang hanya 10 kilogram. Selain itu kedua anak itu juga tidak bisa terkena sinar matahari.

“Pokoknya kalau kena matahari kulit merah dan melepuh makanya kalau main terpaksa pakai payung,” ujar Halija, ibu kedua anak itu yang mendampingi mereka di rumah sakit, Selasa sore (3/10/2017).

Menurut dia, kedua anaknya juga mengalami keterbelakangan mental dan sukar berkomunikasi. Akhirnya mereka pun terpaksa lebih banyak diam di rumah dan tidak disekolahkan.

Baca juga: Cegah Perkawinan Usia Anak Ala Gubernur Sarah

"Saat bermain di halaman rumah bersama teman-teman sebayanya, Nadia dan Sukma terpaksa mengenakan payung agar kulitnya tidak gatal-gatal dan melepuh," sebutnya.

Mengenai penyakit kedua anaknya itu, Halija mengaku sudah berulangkali bertanya kepada dokter. " "Setiap kali saya tanya jenis penyakitnya, jawabnya belum diketahui," ucapnya.

Dia mengatakan, tanda-tanda kurang normalnya pertumbuhan fisik dan mental anaknya mulai terlihat sejak keduanya berusia dua tahun.

Halija yang memegang kartu Jamkesmas ini mengaku selama ini hanya memeriksakan kondisi kesehatan kedua anaknya ke puskesmas terdekat dari desanya. Di a baru melarikan kedua anaknya ke rumah sakit sejak pekan lalu karena kondisi fisiknya kian menurun.

Dia berharap, dokter rumah sakit bisa mendiagnosa penyakit yang diderita kedua anaknya dan mengupayakan penyembuhan penyakitnya.

Kompas TV Peristiwa ini terjadi di Hotel Grand Clarion, Makassar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com