Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang ke Borobudur, Seribuan Santri Kendal Berdoa di Aula Ponpes

Kompas.com - 05/09/2017, 18:26 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - Seribuan santri Pondok Pesantren Al Fadlu Wal Fadhillah Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, menggelar doa bersama untuk muslim Rohingnya Myanmar, Selasa (5/9/2017) sore.

Doa bersama dilaksanakan di aula pondok pesantren setempat dan dipimpin langsung oleh pengasuh Ponpes, Alamuddin Dimyati Rois. Mereka berdoa supaya Allah SWT memberi kekuatan, ketabahan, dan jalan terbaik untuk muslim Rohingya Myanmar.

Alamuddin yang juga anggota DPR RI ini, melarang santrinya berangkat ke Borobudur untuk ikut doa bersama. “Tapi saya sudah mendengar kabar, kalau doa bersama di Borobudur dibatalkan,” tuturnya.

Menurut Alam, Allah maha mendengar. Berdoa di pondok pun, bila dilakukan dengan iklas, Insya Allah terkabul. “Termasuk doa kita untuk muslim Rohingnya ini,” ujarnya.

(Baca juga: Indonesia Akan Bawa Krisis Rohingya ke Forum Internasional)

 

Sementara itu, salah satu santri Al Fadlu Wal Fadhillah, Tatang mengaku, dirinya bersama santri lain sebenarnya mau berangkat ke Borobudur. Namun pengasuh pondok melarang karena berdoa tidak harus di Borobudur. Sebab Allah maha mendengar dan maha tahu.

“Akhirnya, kami berdoa bersama di pondok,” tutur Tatang.

Menurut santri asal Cirebon Jawa Barat itu, rencananya rombongan mau berangkat ke Borobudur seusai shalat Subuh tadi, namun dibatalkan. “Alhamdulillah, kami sudah bisa melaksanakan doa bersama,” tuturnya.

Santri lain asal Tegal, Dodik mengaku, doa bersama untuk muslim Rohingnya sebagai bentuk solidaritas sesama muslim. “Di dunia ini, sesama muslim adalah saudara. Kita harus saling membantu, meskipun hanya dengan doa,” tutupnya.

Kompas TV Mereka kehilangan tenda-tenda tempat tinggal lantaran area pengungsian diterjang topan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com