Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Paus Terdampar di Pantai Ternate

Kompas.com - 17/08/2017, 23:25 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Warga Kelurahan Takome, Kecamatan Ternate Pulau, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara digegerkan dengan paus yang terdampar di pantai Takome, Kamis (17/8/2017).

Informasi dari warga setempat, paus yang diperkirakan sepanjang 8 meter itu ditemukan sekitar pukul 07.00 WIT. Mamalia raksasa itu ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

"Saya mau cek perahu di pantai, tapi di sana saya sangat kaget melihat paus terdampar di bibir pantai," kata Muhlis Kao, warga setempat.

Paus itu sontak menjadi tontotan warga. Warga dari beberapa kelurahan pun berdatangan turut melihat langsung mamalia laut itu.

"Pagi pagi saya ingin buang jaring untuk tangkap ikan di pantai, tak lama saya melihat ikan besar (paus) itu terdampar. Nah, di situ warga dari beberapa kelurahan pun berbondong-bondong datang untuk menyaksikan secara langsung ikan tersebut," kata seorang nelayan, Yatno.

Baca: Sekelompok Paus Ditemukan Berdiri di Lautan, Apa yang Terjadi?

Belum diketahui secara pasti penyebab paus terdampar. Namun warga menduga paus itu terdampar karena terjebak saat memburu mangsanya ketika air pasang.

Begitu air surut paus tersebut tak bisa lagi kembali ke laut dalam. Pantauan Kompas.com, warga sempat mendorong memindahkan mamalia raksasa itu ke darat namun tidak bisa.

Sebuah mobil truk juga sempat dikerahkan untuk menarik paus itu, tetapi tak berhasil juga.

Warga berharap, paus yang sudah tidak bernyawa ini terbawa oleh ombak ke laut dalam karena dikhawatirkan akan meningggalkan bau tak sedap jika tetap bertahan di bibir pantai.

Baca: Mengapa Paus Sering Terdampar di Pantai Seperti di Cilacap?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com