Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Gerebek Rumah yang Jadi Markas Penjambret, Satu Motor Dirusak

Kompas.com - 08/08/2017, 16:06 WIB
Abdul Haq

Penulis

GOWA, KOMPAS.com - Warga Lingkungan Biringbalang, Kelurahan Lembang Parang, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menggerebek sebuah rumah yang diduga digunakan sebagai markas pelaku jambret.

Dalam penggerebekan tersebut, warga merusak satu unit sepeda motor milik pelaku jambret.

Peristiwa yang terjadi pada pukul 21.30 wita Senin, (7/8/2017) ini berawal dari salah seorang warga bernama Ayu Sri (25) yang menjadi korban penjambretan saat melintas di Jalan Poros Panciro saat berboncengan dengan suaminya, Laode (30).

Suami korban yang mengetahui bahwa tas isterinya telah dijambret kemudian membuntuti pelaku hingga ke rumah tersebut.  Dia pun langsung memberitahukan warga setempat bahwa pelaku penjambretan kabur ke tempat itu.

Warga yang sejak awal curiga atas aktivitas sejumlah pria di rumah tersebut kemudian melakukan penggerebekan dan mengamankan satu unit sepeda motor milik pelaku penjambretan.

"Awalnya dibuntuti oleh korbannya dan warga yang mengetahui ada kasus jambret mereka langsung menggerebek rumah tersebut karena sudah lama curiga dengan aktifitas di rumah tersebut. Setelah digeledah ternyata warga menemukan barang bukti tas milik korban dibawah sadel motor" kata AKP Mangatas Tambunan, kepala bagian hubungan masyarakat (Kabag Humas) yang dikonfirmasi pada Selasa, (8/8/2017).

Baca juga: Terlibat Kasus Jambret, 7 Pelajar SMU Ditangkap Polisi

Hingga saat ini pemilik rumah masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Gowa, sementara pelaku penjambretan masih dalam pengejaran aparat kepolisian. Atas kejadian ini korban mengaku kehilangan telepon seluler dan uang tunai senilai Rp 70 ribu.

"Yang hilang HP sama uang kalau SIM sama STNK masih ada didalam yang ditemukan dibawah sadelnya" kata Ayu Sri.

Sementara warga setempat, Irwan Daeng Mabe menyebutkan, warga sudah mencurigai aktivitas rumah tersebut.

"Dia orang baru tinggal di sini dan kami memang telah lama curiga karena sejak rumah dihuni sering terjadi jambret dan pencurian motor di kampung sini," ujarnya.

Pada saat digerebek, sebut dia, sejumlah pria yang berada di rumah tersebut sempat mengelak tak melakukan penjambretan hingga akhirnya berhasil kabur.

Warga kemudian menggeledah sepeda motor Yamah Fino milik pelaku dan menemukan tas milik korban yang disembunyikan di bawah sadel motor.

Atas peristiwa ini warga langsung merusak sepeda motor tersebut hingga akhirnya aparat kepolisian setempat tiba di lokasi kejadian.

"Dari tadi kita tanya-tanya katanya tidak lihat motor setelah kami geledah ternyata ada motor yang diparkir di bagian belakang rumah dan kami geledah ternyata ada tasnya korban di bawah sadel tapi uang sama HPnya (telepon seluler) telah hilang," kata Irwan .

Warga kemudian melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan seorang pria pemilik rumah tersebut.

Pemilik rumah tersebut digelandang ke Mapolsek Barombong setelah sebelumnya sempat dihakimi warga. Namun, lantaran warga terus memadati Mapolsek setempat. Pihak kepolisian kemudian mengevakuasi pemilik rumah ke Mapolres Gowa.

Kompas TV Komplotan jambret jalanan yang biasa merampas telepon genggam ini diotaki seorang remaja berusia 16 tahun.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com