Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Kabut Asap, 241 Warga Aceh Barat Terserang ISPA

Kompas.com - 27/07/2017, 22:15 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Sebanyak 241 warga Aceh Barat menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Hal ini dikarenakan warga terlalu banyak menghirup kabut asap dari kebakaran lahan gambut di enam kecamatan di Kabupaten Aceh Barat.

“Selama terjadi kebakaran lahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat mendata, ada 241 jiwa yang menderita gangguan pernapasan, diduga akibat menghirup kabut asap,” ujar dr Zafril Luthfi, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat, Kamis (27/07/17).

Menurut Luthfi, 241 warga tersebut ditangani di beberapa tempat, mulai dari puskesmas hingga RSUD Cut Nyak Dhien. Rata-rata, pasien mengalami ISPA.

“Sebenarnya ISPA itu selalu ada. Namun karena kabut asap, trennya jadi meningkat dari kondisi normal. Apabila ditemukan pneumonia maka harus menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau Puskesmas,” katanya.

(Baca juga: Kebakaran Lahan Gambut, Kabut Asap Sampai di Lhokseumawe)

 

Untuk mengurangi dampak buruk dari kabut asap, Dinas Kesehatan terus membagian masker kepada warga, setidaknya hingga hari ini sudah 30.000 masker yang tersalurkan kepada warga.

“Yang sangat kami prioritaskan wiayah yang sangat terdampak kabut asap atau dekat dengan lokasi kebakaran lahan,” tutupnya. 

Kompas TV Kebakaran Hutan Meluas di Amerika Serikat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com