Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Sumba Barat Daya, Jokowi Sebut Ingin Lihat Kuda Sandalwood

Kompas.com - 12/07/2017, 18:04 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

TAMBOLAKA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata punya alasan sendiri untuk berkunjung ke Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (12/7/2017).

Saat memberikan sambutan di hadapan ribuan warga Sumba Barat Daya, Jokowi mengaku ingin melihat langsung kuda Sandalwood yang merupakan kuda ras asli Pulau Sumba.

"Kenapa saya datang (ke Sumba Barat Daya), karena saya ingin tahu Kuda Sandalwood itu seperti apa. Saya juga ingin tahu tenun-tenun Sumba itu seperti apa. Inilah kekayaan yang memang harus kita rawat dan jaga," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Dapat Hadiah Parang dan Kuda Sumba

Menurut Jokowi, festival Kuda Sandalwood dan kain tenun ikat Sumba adalah contoh nyata bagaimana alam memberikan yang terbaik untuk masyarakat tentang budaya lokal, yang akan dijadikan sebagai sebuah unggulan wisata di Indonesia. 

Indonesia juga lanjut Jokowi, memiliki budaya, suku dan bahasa yang beragam sehingga harus dijaga dan dilestarikan.

"Setiap suku memiliki kelebihannya masing masing. Inilah yang bisa dijadikan sebuah daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Sekarang tinggal kita kelola dan promosi dengan baik, maka wisatawan akan datang," ucapnya.

Baca juga: Tiba di Sumba Barat Daya, Jokowi Disambut Secara Adat

Kompas TV Jokowi Terima Gubernur-Wakil Gubernur Aceh Terpilih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com