Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik dan Balik Lebaran, Penumpang Kereta Diprediksi Capai 6 Juta Orang

Kompas.com - 27/06/2017, 22:31 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono melakukan inspeksi sarana prasarana di wilayah daerah operasional (daop) 5 Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (27/6/2017).

Peninjauan sejumlah fasilitas fisik dan pelayanan petugas di stasiun ini dilakukan dalam rangka menyambut arus balik lebaran yang diperkirakan mulai padat sejak Kamis (29/6/2017) mendatang.

Prasetyo mengungkapkan, jumlah penumpang kereta api pada masa angkutan Lebaran 2017 mengalami peningkatan signifikan. Hal ini terlihat dari persentase penjualan tiket yang naik rata-rata lima persen.

“Selama periode lebaran ini, dari H-10, H+1, H+2, sampai H+15 penumpang KA kami prediksi sekitar 6 juta penumpang,” katanya di sela-sela proses peninjauan.

Berdasarkan laporan sementara, lanjut dia, jumlah penumpang yang diangkut kereta api sejak H-10 Lebaran hingga H+1 Lebaran sudah mencapai separuh dari prediksi atau sekitar 3 juta orang. Bahkan, pada H+2 Lebaran atau Selasa (27/6/2017), ternyata masih banyak penumpang dengan tujuan daerah karena tidak kebagian tiket untuk mudik.

“Saya ke sini (Purwokerto) numpang kereta ekonomi, waktu saya tanya ke beberapa penumpang, ternyata ada yang menjawab baru mau pulang kampung,” ujarnya.

Dia berharap, pada masa angkutan lebaran yang masih tersisa hingga 14 hari ke depan, dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Terlebih soal pelayanan pembelian dan pembatalan tiket. Sebab, dalam mekanismenya, setiap pembatalan tiket dapat digantikan dengan penumpang lain.

“Memang jumlah tempat duduk kereta api juga terbatas dan semuanya sudah terisi. Ada beberapa pembatalan, itu pun segera diisi,” katanya.

Selain memantau pelayanan angkutan Lebaran di Stasiun Purwokerto, Dirjen Perkeretaapian juga meninjau bakal lokasi underpass yang ditujukan untuk mengantisipasi kemacetan di perlintasan sebidang Jalan Jenderal Soedirman sebelah selatan Stasiun Purwokerto.

Tidak lupa, Prasetyo juga sempat menyerahkan bingkisan lebaran kepada penjaga pintu perlintasan Jalan Jenderal Soedirman Purwokerto sebagai apresiasi atas dedikasi yang ditunjukkan kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com