Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Gundul hingga Surat Tak Lengkap, Kendaraan Pemudik Siap-siap Ditilang

Kompas.com - 15/06/2017, 13:50 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Lima kendaraan tidak layak jalan, di antaranya dengan kondisi ban yang gundul, pengereman yang tidak sempurna serta surat-surat yang tidak lengkap, ditilang dalam pemeriksaan kondisi kendaraan angkutan umum untuk Lebaran 2017 di Terminal Girimaya dan Terminal Kampung Kramat, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung

Aparat gabungan yang terdiri dari dinas perhubungan, polantas, dinas kesehatan dan BNN, meriksa satu persatu kendaraan angkutan serta sopirnya.

Kendaraan yang diperiksa merupakan angkutan umum yang melayani mudik dengan trayek antar kota /kabupaten dan provinsi.

“Pemeriksaan meliputi bodi mobil onderdil kondisi lampu hingga kondisi mesin dan setir,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Bangka Belitung, Sarjulianto, Kamis (15/6/2017).

Selain kendaraan, petugas juga memeriksa kondisi kesehatan sopir dengan melakukan tes urine.

“Pemeriksaan ini kami harapkan bisa meminimalkan risiko kecelakaan dalam berlalu lintas yang dapat merugikan sopir maupun para penumpang,” ujarnya.

Kendaraan yang dinilai bermasalah dikenakan tilang dan diharuskan untuk perbaikan/agar bisa menjadi angkutan mudik pada H-7 hingga H+7 lebaran.

Seluruh kendaraan dan sopir didata petugas untuk selanjutnya dilakukan pengecekan ulang guna memastikan kendaraan angkutan umum layak melayani mudik lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com