Ini Kondisi Terkini Mary Jane Terpidana Mati Asal Filipina

Kompas.com - 05/06/2017, 21:02 WIB
Penundaan eksekusi mati Mary Jane Veloso, yang hanya satu jam sebelum eksekusi digelar, membuat berbagai harian di Filipina tak sempat mengganti judul di berita utama mereka. Seluruh harian atau tabloid yang terbit di Filipina pada Rabu (29/4/2015), masih memberitakan kematian Mary Jane atau menyalahkan kegagalan pemerintah menyelamatkan nyawa perempuan itu. AFPPenundaan eksekusi mati Mary Jane Veloso, yang hanya satu jam sebelum eksekusi digelar, membuat berbagai harian di Filipina tak sempat mengganti judul di berita utama mereka. Seluruh harian atau tabloid yang terbit di Filipina pada Rabu (29/4/2015), masih memberitakan kematian Mary Jane atau menyalahkan kegagalan pemerintah menyelamatkan nyawa perempuan itu.

YOGYAKARTA, KOMPAS.comMary Jane, terpidana mati kasus narkoba asal Filipina sudah dua tahun mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wirogunan sejak eksekusinya ditunda.

Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menunda eksekusi terhadap Mary Jane Rabu (29/4/2015). Alasannya, Pemerintah Filipina membutuhkan kesaksian Mary Jane setelah tersangka perekrut Marry Jane, yaitu Maria Kristina Sergio, menyerahkan diri kepada kepolisian Filipina, Selasa (28/4/2015) silam.

Lantas bagaimana kondisi wanita yang divonis mati pada 2010 setelah terbukti menyelundupkan 2,6 kilogram heroin ke Indonesia saat ini?

Kepala Lapas Perempuan Wirogunan, Retno Yuni Hardiningsih, mengatakan, Mary Jane kini berada di lapas perempuan bersama 121 warga binaan lainnya. Menurut dia, Mary Jane dalam keadaan baik seperti warga binaan lainnya meski pemerintah menunda eksekusinya.

“Mary Jane kondisinya sehat dan selalu beraktivitas,” kata Retno kepada wartawan usai buka bersama dengan Persatuan Dokter Gigi (PDGI) Sleman di Lapas Perempuan Wirogunan, JalanTaman Siswa Nomor 6, Kota Yogyakarta, Senin (5/6/2017).

Dia menyebutkan, Mary Jane merupakan warga binaan yang selalu  melakukan berbagai aktivitas seperti merajut, menari, hingga fashion show.

Kegiatan itu, kata dia, dilakukan hampir setiap hari. Selain itu, Mary Jane juga selalu meluangkan waktu untuk beribadah sesuai keyakinannya di tempat yang disediakan lapas.

“Setiap hari dia beribadah. Ibadahnya bagus dan dia juga percaya diri,” kata Retno.

Menurut dia, Mary Jane kini sedang mempelajari cara memasak masakan Indonesia. Tak hanya belajar memasak masakan Indonesia, ia mengatakan, Mary Jane selalu mempelajari hal baru yang baru ditemuinya.

“Ia wanita yang serba bisa, hampir semua aktivitas dijalani termasuk jadi atlet voli. Cuman sekarang volinya sedang libur karena puasa,” ujar Retno.

Terkait dengan Pemerintah Filipina membutuhkan kesaksian Mary Jane, Retno mengatakan, sampai saat ini belum ada permohonan.

“Untuk jelasnya kami belum tahu karena organisasi struktural lapas perempuan juga baru terbentuk April kemarin,” kata Retno.

Baca juga: Nyanyikan Indonesia Raya, Mata Terpidana Mati Mary Jane Berkaca-kaca

Kompas TV Mantan Warga Binaan Membuat Karya dari Limbah Koran



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X