Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Bandar Narkoba Asal Aceh Ditembak Mati, 1 Pelaku Mantan Panglima GAM

Kompas.com - 05/06/2017, 12:28 WIB

MEDAN, KOMPAS.com -Dua bandar narkoba asal Aceh ditembak mati aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut karena melawan saat akan ditangkap, Sabtu (3/6/2017) malam.

Keduanya ditembak di kawasan Besitang, Kabupaten Langkat.

Direktur Ditresnarkoba, Kombes Pol Edi Iswanto mengatakan, tindakan tegas terukur itu dilakukan karena dua dari tiga pelaku coba melarikan diri dan menyerang petugas ketika akan ditangkap.

"Mereka yang tewas yaitu Mahdi, mantan panglima GAM, warga Dusun Kuta Peutek, Desa Gureb Blang, Kecamatan Idi Rayeuk dan Ridwan, warga Desa Krambam, Kecamatan Muara Batu, Aceh. Saat ini jasad keduanya berada di kamar jenazah Rumah Sakit Bhayangkara Medan," ungkap Edi, Minggu (4/6/2017).

Baca juga: Ditembak Polisi, Bandar Narkoba Berteriak Tobat Saat Dirawat di RS

Sedangkan seorang tersangka lainnya, bernama Zahri kini diamankan ke Mapolda Sumut untuk dilakukan pengembangan.

Berdasarkan pengakuan tersangka narkoba jenis sabu berasal dari Malaysia untuk dipasok ke Kota Medan.

"Saat kendaraan tersangka digeledah, ditemukan 5 kilogram narkoba jenis sabu yang terbungkus dalam bungkus bubuk teh dan sepucuk senjata api otomatis jenis Baretta beserta isinya," kata Edi.

Sebelum melakukan penangkapan terhadap bandar narkoba di kawasan Besitang, Langkat, Sumut pada Sabtu, petugas Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut telah melakukan pengintaian selama 20 hari.

"Pengungkapan ini hasil kerja keras selama 20 hari. Jadi begitu dapat info satu hari sebelumnya para tersangka akan berangkat menuju wilayah Sumut, tim langsung bergerak ke Besitang," jelas Edi.

Begitu kendaraan Honda Jazz warna hitam BK 38 DI yang dikendarai ketiga pelaku melintas di jalan lintas di kawasan Besitang, petugas langsung mencegat kendaraan tersebut dan meminta penumpangnya keluar dari mobil.

"Tindakan itu justru mendapat perlawanan dari para tersangka yang mengakibatkan petugas terpaksa melumpuhkan dua dari tiga pelaku," kata dia.

Baca juga: Digerebek di Rumah Bandar Narkoba, Oknum Polisi Ini Sempat Melawan

Kapolda Sumut, Rycko Amelza Dahniel menyebutkan kedua tersangka narkoba yang tewas merupakan bandar ke-12 dan ke- 13 yang ditindak tegas.

"Ini bukti keseriusan kami dalam memerangi narkoba. Siapa pun akan kami tindak tegas, kami tidak main-main soal ini," ujar Kapolda.

Berita ini sudah tayang di Tribunnews, Senin 5 Juni 2017 dengan judul Mantan Panglima GAM Tewas Ditembak

Kompas TV Polisi Tembak Mati 2 Bandar Narkoba Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com