Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Terjang Dua Desa di Sulsel, Ratusan Rumah Terendam

Kompas.com - 09/03/2017, 09:03 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

BARRU, KOMPAS.com - Intensitas curah hujan yang tinggi mengakibatkan dua desa di Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. Kedua desa itu adalah Desa Lampoko dan Desa Balusu.

"Sekitar 400 rumah terendam banjir di dua desa ini, luapan sungai Balusu, memperparah ketinggian air," ucap Amin Warga Desa Balusu,  Kamis (09/03/2017).

Sejumlah rumah warga juga terisolasi, karena air merendam akses jalan.

"Salah satu rumah tetangga di Desa Balusu, terisolasi akibat ketinggan air sekitar rumahnya mencapai ketinggian satu meter. Kita membutuhkan perahu untuk mencapai lokasi itu," sebut dia.

Sementara Rasyid, warga Desa Lampoko, mengatakan, banjir yang melanda dua desa langganan banjir ini, sudah terjadi empat kali dalam dalam sebulan ini. Namun Pemerintah Kabupaten Barru sama sekali belum memberikan perhatian.

"Setiap terjadi banjir, kami di dua desa tak pernah diperhatikan pemerintah. Jangankan bantuan makanan, untuk datang melihat kami yang kerap terkena musibah banjir, Pemkab Barru tak pernah kelihatan batang hidungnya. Nanti masa masa kampanye, baru mereka dan calon pemangku kepentingan datang dengan senyum harapan, " ucap Rasyid.

Sementara Kepala Dusun Dusun Lapasu, Desa Balusu, Baharuddin, mengatakan, warga sangat membutuhkan bantuan, makan, obat-obatan, dan selimut.

"Namun hingga kini Pemerintah Kabupaten Barru, belum juga memberikan bantuan," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com