Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Terjang Poncol Magetan, 2 Rumah Rusak dan 4 Jalan Tertutup

Kompas.com - 03/03/2017, 17:25 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MAGETAN, KOMPAS.com - Dua rumah di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, rusak dan empat akses jalan desa putus menyusul bencana tanah longsor yang menimpa desa itu, Kamis (2/3/2017) sore.

"Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang wilayah Kecamatan Poncol sejak Kamis (2/3/2017) sore hingga malam membuat tanah longsor. Akibatnya, dua rumah rusak dan empat jalan akses ke desa tertutup," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, Jumat (3/3/2017).

Fery menyebutkan, dua rumah yang rusak adalah milik Warto (51), warga RT 021/RW 003, Dukuh Krangkeng, Desa Gonggang, dan Edi Prayitno (40), warga RT 010/RW 002, Dukuh Kopen, Desa Gonggang. 

"Kerusakan rumah terparah dialami Edi karena temboknya jebol diterjang tanah longsor yang berasal dari tebing," kata Fery.

Sedangkan empat akses jalan yang tertutup material longsoran, Fery menyebutkan, adalah jalur penghubung antara Dukuh Krangkeng dengan Dukuh Kopen serta akses jalan penghubung antara Dukuh Candi dan Dukuh Templek.

Selain itu akses jalan penghubung antara Dukuh Dagung dan Dukuh Kopen dan jalur alternatif Kabupaten Magetan dan Kabupaten Karanganyar tepatnya di selatan Dukuh Singolangu, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan. 

Atas bencana itu, kata Fery, Tim BPBD Magetan beserta warga setempat berkerja bakti membersihkan material longsoran yang menerjang rumah dan menutup akses jalan.

Ia mengimbau warga Magetan bagian selatan untuk lebih waspada saat hujan mengguyur. Pasalnya, prediksi dari BMKG Area Juanda I Surabaya, hingga April hujan disertai angin kencang masih akan terjadi di wilayah Magetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com