Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Lanud Iswahyudi, KSAU Janjikan Pesawat Tempur Lebih Canggih

Kompas.com - 03/03/2017, 17:07 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MAGETAN, KOMPAS.com - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya Hadi Tjahjanto menjanjikan pesawat tempur pengganti F5 Tiger milik Skadron 14 Lanud Iswahyudi yang di-grounded sejak Juni 2016, akan memiliki teknologi yang lebih canggih dan mampu menjaga wilayah udara Indonesia.

"Pesawat yang kita minta pesawat yang canggih. Pesawat yang mampu menjaga dirgantara Indonesia. Dan membuat pesawat menjadi bagian yang ditakuti bagi siapa saja yang melanggar masuk ke wilayah Indonesia," ujar Hadi saat mengunjungi Lanud Skadron 14 Lanud Iswahyudi Magetan, Jawa Timur, Jumat (3/3/2017) siang.

Kunjungan Hadi ke Lanud Iswahyudi Magetan merupakan kunjungan pertamanya ke lanud itu setelah dilantik menjadi KSAU Januari lalu.

Selain Skadron 14, Hadi juga mengunjungi Skadron 15 dan Skadron 3 di Lanud Iswahyudi. Hadi mengatakan, saat ini pemerintah sedang memesan pesawat tempur pengganti F 5 Tiger untuk Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi. Hanya saja, Hadi meminta kru Skadron 14 bersabar karena pengadaan pesawat tempur memakan waktu yang lama.

"Pesan pesawat itu tidak bisa hitungan satu atau dua tahun. Tapi pembuatannya bisa mencapai empat tahun," kata Hadi.

Sambil menunggu pesawat tempur baru selesai dikerjakan, Hadi meminta penerbang dan kru mengasah pengetahuan terhadap pesawat baru yang akan dibeli. Selain itu, penerbang dan kru dapat mengikuti kursus bahasa asal tempat pesawat itu lahir.

"Kondisi ini tentu menjadi keuntungan karena kita punya banyak waktu untuk mempelajari pesawat yang akan kita beli. Penerbang akan diikutkan kursus bahasa, tempat pesawat itu lahir. Selain itu juga persenjataan yang akan digunakan," ucap Hadi.

Untuk jenis pesawat tempur pengganti F5 Tiger, Hadi menyebutkan sudah memberikan spesifikasinya kepada Kementerian Pertahanan selaku pihak yang membeli pesawat. Ia menjamin pesawat yang dibeli nanti tidak kalah hebat dengan pesawat tempur Sukhoi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com