Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2017, 17:32 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com — Mobil Mercedes-Maybach S600 yang akan digunakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud sudah tiba di Bali. Hal tersebut diungkapkan staf Humas Bandara Ngurah Rai, Awaludin, kepada Kompas.com, Sabtu (25/2/2017).

Menurut dia, barang-barang yang akan digunakan oleh Raja Salman sudah tiba di Bandara Ngurah Rai sejak 21 Februari 2017.

"Antara tanggal 21 sampai 24 Februari ada aktivitas bongkar muat di kargo, termasuk mobil pribadi yang akan digunakan selama ada di Bali dan tangga elektrik seperti eskalator khusus yang difungsikan sebagai tangga turun pesawat Raja Arab Saudi. Semuanya sudah disiapkan di Bali," ucap Awaludin.

Awaludin menuturkan, sekitar 396 ton barang-barang milik rombongan Raja Salman diangkut melalui Bandara Ngurah Rai.

Menurut Awaludin, barang-barang yang diangkut melalui Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta hanya sebanyak 63 ton. Awaludin mengungkapkan, pada 28 Februari akan ada penerbitan notam yang berisi tentang rencana penutupan Bandara Ngurah Rai selama 45 menit saat pesawat kenegaraan Raja Salman akan mendarat.

"Clear area 30 menit sebelum mendarat dan 15 menit setelah mendarat. Jadi total sekitar 45 menit penutupan bandara dan lewat notam tersebut akan disampaikan pada penerbangan komersial. Tentu efeknya nanti ada penundaan pesawat komersial, tapi sudah diinformasikan kepada pihak maskapai," ujar Awaludin.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud berencana berada di Indonesia pada 1-9 Maret 2017.

Kompas TV Raja Arab Saudi, Salman Bin Abdul Azis Al-Zaud akan berkunjung ke Indonesia pada 1 Maret mendatang. Menurut rencana, Ia akan membawa rombongan sebanyak 1.500 orang menggunakan 7 pesawat. Pihak otoritas Bandara Halim Perdanakusuma akan melakukan perubahan jadwal pesawat reguler saat rombongan Raja Salman dari Arab Saudi tiba di tanah air. Penundaan itu akan berlangsung selama 45 menit. Yakni, 30 menit sebelum mendarat dan 15 menit setelah mendarat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com