Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Rusak, Pos Perbatasan di Karang Unarang Akan Direnovasi

Kompas.com - 08/02/2017, 11:02 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN,KOMPAS.com - Pos mercusuar di perairan ambang batas laut Ambalat Karang Unarang Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara mulai rusak. Rencananya Pemerintah Indonesia akan merenovasi pos tersebut tahun ini.

Dalam kunjungannya ke wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan, Asisten Deputi Pengelola Batas Negara Wilayah Laut dan Udara Badan Nasional Pengelola Perbatasan BNPP Rahman Ibrahim mengatakan, renovasi akan segera dilakukan karena kondisi pos mercusuar yang sudah mulai keropos.

"Penelitian dari Angkatan Laut pondasi dari suarnya sudah mulai keropos," ujarnya Rabu (8/2/2017).

Rahman menyebutkan, keberadaan pos mercusuar Karang Unarang di perairan perbatasan sangat penting bagi Indonesia. Keberadaan pos tersebut merupakan dasar Indonesia sebagai penentu garis batas laut perairan Indonesia dengan Malaysia.

"Karang Unarang itu salah satu titik dasar Indonesia sebagai acuan penetuan batas laut sampai teritorial atau landas kontinen dan ZTE. Dan itu sudah dilaporkan ke PBB oleh pemerintah," ucap Rahman.

Sebelumnya pada tahun 2004 hubungan Pemerintah Indinesia dengan Pemerintah Malaysia sempat memanas saat pemerintah Indonesia membangun pos mercusuar Karang Unarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com