Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Penggusuran, Warga Batam Bakar Ban

Kompas.com - 17/01/2017, 11:52 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Massa yang menolak penggusuran melempari petugas gabungan, Selasa (17/1/2017), di Batam, Kepulauan Riau. Mereka menolak penggusuran di kawasan Tanjung Uma.

Penggusuran dilakukan di lahan tiga hektar. Hak penggunaan lahan itu diklaim oleh PT Wira Nata Tamtama. Namun, ribuan warga menempati lahan yang awalnya kosong itu.

Pada Selasa pagi, akhirnya warga digusur. Aparat gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan (BP) Batam mendampingi penggusuran.

Warga berusaha mencegah penggusuran dengan menutup jalan ke permukiman. Mereka membakar ban dan kayu di jalan. Sejumlah warga juga melemparkan aneka benda ke petugas gabungan.

Petugas membalas dengan menembakkan gas air mata. Selain itu dikerahkan pula mobil meriam air dan pemadam kebakaran untuk memadamkan api akibat pembakaran di jalan. Setelah api padam, tiga mesin keruk bergerak ke permukiman.

Di permukiman, sebagian warga masih berusaha melawan. Selain melempari mesin keruk, mereka juga mengacungkan parang. Namun, perlawanan itu bisa diredam dan penggusuran berlanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com