Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buron Terorisme Diringkus di Rumah Orangtuanya di Deli Serdang

Kompas.com - 21/12/2016, 16:13 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Terduga teroris berinisial Sy (27) ditangkap di rumah orangtuanya di Jalan Deli Tua, dusun 3 Aji Baho, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (21/12/2016).

Sy tercatat sebagai warga Bida Ayu Blok E Nomir 53 RT 001 RW 015, Kelurahan Mangsang, Kecamatan Sungai Beduk, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Ia merupakan buron terorisme.

Sy diamankan tim gabungan tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri dan Polda Sumut sekitar pukul 12.00 WIB.

(Baca juga Seorang Terduga Teroris Ditangkap di Deli Serdang)

Kabid Humas Polda Sumut Rina Ginting mengatakan, saat ini Sy dalam perjalanan menuju Markas Komando Satuan Brimob Daerah Sumut untuk diinterograsi.

"Rencananya besok terduga akan diterbangkan ke Jakarta," kata Rina.

Ia menyebutkan, Sy merupakan anggota kelompok Katibah Gonggong Rebus (KGR) pimpinan Gigih Rahmat Dewa. Dia bersama-sama merencanakan kegiatan amaliyah atau tindak pidana terorisme di bawah kendali Bahrum Naim Anggih Tamtomo.

Sy juga memfasilitasi dua warga negara China dari etnis Uighur bernama Ali alias Faris Kusuma Nu Mehmet Abdulah Cuma dan Doni Sanjaya alias Muhamad alias Halide Tuerxun. Mereka masuk dalam jaringan teroris The East Turkestan Islamic Movement. Mereka masuk ke Indonesia secara ilegal dan bersembunyi di Batam.

Sy juga diduga mengetahui dan ikut serta dalam menjalankan Rafiqa Travel milik Rafiqa Hanum, istri Bahrum Naim alias Abu Aisyah.

Ia juga mengikuti baiat ISIS bersama-sama anggota kelompok KGR pada Agustus 2016 di Sungai Ladi, Batam. Terduga teroris berperan sebagai perekrut orang yang akan bergabung dalam kelompok KGR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com