Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini, Jenazah Kru Hercules yang Jatuh di Papua Tiba di Lanud Abdulrachman Saleh

Kompas.com - 18/12/2016, 20:57 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pihak Landasan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, sudah mempersiapkan upacara penyambutan kedatangan jenazah 12 kru pesawat Hercules C-130HS dengan nomor registrasi A-1334 yang jatuh di Wamena, Papua, Minggu (18/12/2016).

Upaya penyambutan akan berlangsung di Skadron Udara 32 Kompleks Lanud Abdulrachman Saleh. Sejumlah ambulans sudah disiapkan untuk membawa janazah.

"Jadi untuk hari ini kami sudah siapkan upacara penyambutan. Kami sudah gladi bersih. Kami sudah koordinasi dengan instansi samping untuk mendatangkan ambulans," kata Kepala Penerangan (Kapen) Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Mayor Sus. Hamdi Londong Alow.

Rencananya, tiga kru langsung dibawa ke rumahnya usai upacara selesai. Sementara sisanya akan disemayamkan dulu di Skadron Udara 32.

Tiga kru yang akan dibawa langsung ke rumahnya adalah Lettu Pnb Hanggo Fitradhi, ia akan dibawa ke Nganjuk. Serma Kudori yang akan langsung dibawa ke Jombang, dan Serda Suyanto yang akan dibawa ke Surabaya.

"Yang lain disemayamkan dulu. Besok baru dimakamkan," jelasnya.

Para kru itu akan dimakamkan di tempat yang berbeda sesuai permintaan keluarga. Ada yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Untung Suropati Malang, Marga Baka di komplek Lanud Abdulracman Saleh, dan di lokasi pemakaman umum sesuai permintaan keluarga.

Sementara pilot pesawat, Mayor Pnb Marlon A Kawer akan dibawa kembali ke Biak, ke rumah asalnya. 12

Sebanyak jenazah kru pesawat Hercules itu dibawa ke Lanud Abdulracman Saleh dengan menggunakan pesawat Boieng 737 dari Wamena ke Biak dan dari Biak langsung ke Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com