Hujan Berjam-Jam, Sukoharjo Dilanda Banjir

Kompas.com - 28/11/2016, 23:04 WIB

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Hujan deras mengguyur Kota Sukoharjo, Jawa Tengah, membuat sejumlah wilayah tergenang banjir, pada Senin (28/11/2016).

Ruas jalan utama tergenang dan membuat lalu lintas terputus. Kemacetan tak terhindarkan karena genangan mencapai rata rata lutut orang dewasa.

Hujan deras selama kurang lebih lima jam membuat kawasan Proliman Sukoharjo, Jalan Jenderal Sudirman, dan kompleks perkantoran Kabupaten Sukoharjo, tergenang banjir.

Saluran irigasi sekunder Dam Colo Timur meluap dan menggenangi Jalan Raya Jenderal Sudirman.

"Airnya sekitar 50 sentimeter dan menggenangi hampir sepanjang jalan Jenderal Sudirman. Kondisi di dalam kota juga hampir merata terkena genangan air. Ini disebabkan saluran drainase yang tidak mampu menampung air hujan," kata Suprapto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Senin (28/11/2016).

Dia menyebutkan, banjir terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Lalu sejumlah permukiman warga juga mulai tergenang banjir, termasuk kompleks perkantoran Kabupaten Sukoharjo.

Petugas BPBD dan warga segera membuat sejumlah posko pengungsian di beberapa titik.

Hujan masih terjadi di beberapa wilayah di Solo, Sukoharjo dan sekitarnya membuat petugas waspada.

Sementara itu, salah satu warga Sukoharjo, Setiawan, menjelaskan bahwa banjir saat ini sangat parah.

"Dulu memang banjir tapi tidak separah ini, saya diberitahui sudah banyak motor yang mogok saat nekat menerobos banjir," katanya saat berada di Jalan Jenderal Sudirman.


EditorErlangga Djumena

Close Ads X