Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Wali Kota Gorontalo Medi Botutihe Wafat

Kompas.com - 19/09/2016, 07:58 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Mantan Wali Kota Gorontalo, Medi Botutihe, meninggal dunia pada usia 75 tahun, Minggu (18/9/2016) pukul 20.35 Wita, di Rumah Sakit Aloe Saboe.

Menantu Medi Botutihe, Novi Silangen, Senin (19/9/2016), mengatakan, jenazah Medi akan dikebumikan hari ini di pemakaman keluarga di Yosonegoro.

Pemakaman akan diawali dengan prosesi adat sebagai penghargaan kepada Medi yang selama ini menjadi tokoh adat, pemilik gelar adat, dan atas dedikasinya membangun Gorontalo.

Pelepasan jenazah dilakukan di rumah pribadi, Jalan Pangeran Hidayat Kota Gorontalo, menuju Masjid Agung Baiturahim kemudian ke Masjid Yosonegoro hingga lokasi pemakaman keluarga.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang membantu selama bapak kami sakit, mohon pula memaafkan semua kesalahan beliau," kata Novi.

Medi Botutihe merupakan seorang tokoh lingkungan hidup yang telah merintis dan menetapkan Kota Gorontalo sebagai Kota Hijau. Di bawah kepemimpinannya, Gorontalo meraih penghargaan Adipura Kencana.

Aktivis pencinta lingkungan di Gorontalo, Rahman Dako, mengatakan bahwa saat itu setiap kelurahan dan masyarakat berlomba-lomba mewujudkan program tersebut karena Medi memerintah dengan gigih, tegas, dan berkharisma.

"Pohon-pohon sepanjang jalan yang tersisa sekarang ini adalah hasil kerja beliau untuk mewujudkan Kota Hijau. Kami atas anam Forum Komunitas Hijau Gorontalo tentu merasa kehilangan salah seorang pegiat lingkungan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com