Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Analog, Alternatif Pengganti Beras Padi

Kompas.com - 05/09/2016, 09:04 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Slamet Budijanto mengatakan, Indonesia masih sangat bergantung pada komoditas beras padi sebagai bahan pokok untuk dikonsumsi.

Padahal, Indonesia memiliki sumber karbohidrat yang sangat banyak. Namun sayangnya, masyarakat masih berpikir bahwa kebutuhan beras masih menjadi hal utama yang harus dipenuhi.

Sejak tahun 2012, Slamet bersama timnya melakukan penelitian untuk menciptakan bahan pangan pengganti beras padi. Alhasil, dirinya menemukan alternatif pengganti beras padi, yaitu beras analog.

Masyarakat banyak yang masih belum mengetahui manfaat dari beras analog. Beras ini berbahan baku seperti singkong, tepung sagu, jagung, umbi-umbian, dan beberapa sumber karbohidrat lain.

Sejatinya, beras analog diciptakan sebagai diversifikasi bahan pangan untuk mengurangi ketergantungan konsumsi terhadap beras padi.

"Alangkah tidak bijaksananya kita dikaruniai sumber daya, tapi masih tergantung sama satu komoditas. Dan, kalau itu digoyang sedikit saja, pasti ribut. Impor beras 500.000 ton saja ribut, tapi kita impor 7 juta ton gandum, nggak ada masalah apa-apa. Artinya apa? Kita masih tergantung pada beras," ucap Slamet seusai ditemui dalam acara HUT Kafe Taman Koleksi, di Kampus IPB Baranangsiang, Kota Bogor, Minggu (4/9/2016).

Slamet menjelaskan, saat ini masih sulit untuk meyakinkan masyarakat untuk beralih mengonsumsi beras analog untuk kebutuhan sehari-hari. Dilihat dari segi kesehatan, beras ini sangat cocok untuk penderita diabetes dan yang sedang diet karena memiliki kandungan indeks glikemik yang umumnya lebih rendah dibandingkan beras padi.

"Tahun 2015 kita coba start up untuk komersilisasi. Kita baru punya mini plant (pabrik kecil). Memang, saat ini masih berat. Untuk menembus pasar nggak gampang. Penelitian kita terus kejar agar kebutuhan masyarakat bisa terjaga," jelas Slamet.

Sementara itu, Manajer Operasional Kafe Taman Koleksi Trilia Gunawan mengatakan, Kafe Taman Koleksi menjadi satu-satunya kafe di Bogor yang menyediakan menu dari olahan beras analog.

Kafe milik IPB ini memiliki sembilan varian menu yang menyajikan beras analog sebagai menu utamannya, antara lain nasi goreng analog jawa, nasi goreng analog bali, dan bubur analog.

"Kita mulai membuat makanan dari beras analog sejak dua tahun lalu. Alhamdulilah, respons dari masyarakat sejauh ini cukup postif," kata Trilia.

Ia melanjutkan, sebagai salah satu terobosan baru di dunia pangan, beras analog harus terus digaungkan. Ia melihat, beras ini bisa diolah menjadi menu makanan yang sehat dan lezat.

"Kita ingin sosialisasikan ada loh makanan sehat selain beras dari padi," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com