Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aher: Alhamdullilah, Mudik di Jabar Lancar

Kompas.com - 06/07/2016, 11:11 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher menyatakan, arus mudik Idul Fitri 1437 Hijriah di jalur utara, selatan, dan tengah Jawa Barat lancar dan aman.

"Alhamdulillah, evaluasi mudik 2016 di Jawa Barat aman, lancar, dan jauh lebih bagus dibandingkan tahun sebelumnya," kata Aher usai melaksanakan Shalat Id di Lapangan Gasibu Bandung, Rabu (6/7/2016), seperti dikutip Antara.

Ia menuturkan, salah satu faktor penyebab mudik di Jawa Barat lancar dibandingkan tahun sebelumnya karena sistem integrasi di Tol Cipali.

"Peristiwa Nagreg (kemacetan) tidak separah tahun lalu. Macet ada, tapi masih bisa diatasi. Apalagi jalur utara baik, termasuk jalur Cipalinya karena disitu tidak ada pintu tol. Tinggal ujung ke ujung saja tiketnya," katanya.

Pemprov Jawa Barat, menurut dia, terus berupaya mendorong percepatan pembangunan jalan tol seperti Jalan Tol Cileunyi Garut Tasikmalaya (Cigatas) sebagai upaya mengurangi kemacetan di Jalur Selatan Jabar saat arus mudik dan balik Lebaran berlangsung.

"Tol Cigatas sudah kita usulkan masuk dalam proyek pembangunan jalan tol nasional. Insha Allah 2017-2018 lebih mengerucut. Yang jelas memperjuangkan Tol Cigatas sudah dimulai dan saya juga ingin mendorong tol yang paling lama di Jabar yakni Tol Ciawi-Sukabumi yang lelangnya sejak 1997 silam," kata dia.

Kompas TV Pemudik Brexit Darurat BBM
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com