Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas Masjid Terbatas, Warga Shalat Id di Trotoar hingga Tempat Parkir

Kompas.com - 06/07/2016, 09:06 WIB
Junaedi

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com - Ratusan umat Islam dari berbagai kecamatan di Pinrang, Sulawesi Selatan, tumpah di halaman Mesjid Agung Al Munawir, Pinrang, untuk melaksanakan shalat Idul Fitri secara berjamaah, Rabu (6/7/2016).

Lantaran jumlah jemaah membludak sedangkan kapasitas masjid terbatas, halaman rumah warga, trotoar jalan, pekarangan kantor bupati, parkiran dan kanal got di sekitar masjid pun dimanfaatkan pula sebagai tempat pelaksanaan shalat Id.

Sejumlah warga, terutama yang datang terlambat, sempat bingung mencari tempat. Namun mereka tak peduli lagi agar tetap bisa mengikuti shalat Id berjemaah.

Situasi darurat ini membuat jemaah wanita dan pria terpaksa berbaur di tempat yang sama. Barisannya pun tak jelas. Sebagian jemaah pria terpaksa melakukan shalat Id di samping atau di belakang jemaah wanita.

Animo warga Pinrang mengikuti shalat Id secara berjamaah tahun ini tergolong tinggi. Meski tahu kondisi tempat terbatas, warga tetap saja bersemnagat datang.

"Yang penting bisa menggelar shalat Id berjemaah," ujar salah satu warga.

Ulama yang memberi khotbah mengingatkan para jamaah agar terus berlatih mengendalikan diri dari segala perilaku tercela seperti yang sudah dilakukan selama sebulan penuh berpuasa. 

Warga yang datang ke juga menjadi berkah tersendiri bagi para fakir miskin dan anak-anak yatim piatu. Usai shalat, mereka menanti uluran tangan para jemaah yang melintas di sekitar masjid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com