Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat 6 ABK Pulang, Istri ABK yang Masih Disandera Menangis hingga Pagi

Kompas.com - 29/06/2016, 08:25 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Kepulangan enam ABK TB Charles yang dilepaskan dari penyanderaan oleh kelompok militansi Abu Sayyaf disambut gembira oleh keluarganya. Namun, tidak demikian perasaan para istri para ABK yang masih disandera di kawasan perairan Filipina.

Elona, istri Muhammad Robin Piter, terus menangis dari semalam ketika melihat iring-iringan para ABK yang pulang. Pagi ini matanya sembab, karena terlalu banyak menangis dan tidur karena memikirkan nasib sang suami.

"Siapa yang tidak iri melihat momen tadi malam. Teman-temannya Robin pulang dengan selamat. Sementara Robin tidak ada, padahal perginya sama-sama," kata Elona (29/6/2016).

Sudah berhari-hari, Elona belum mendapat kabar Robin. Dia hanya dikabari oleh perusahaan, bahwa tujuh WNI yang disandera dalam keadaan baik dan disatukan di tempat para penyandera. Mereka tidak diperkenankan berbicara dengan Pemerintah Indonesia.

"Saya tahunya tujuh ABK itu disatukan di tempat yang sama. Mereka disuruh menunggu dan keadaannya baik. Tapi tetap saja, kami di sini kan tidak lihat apa yang terjadi di sana. Apakah dia sudah makan, apakah bajunya sudah diganti dan bagaimana kesehatannya," kata Elona.

Selama belasan tahun menikah dengan Robin, Elona mengerti bagaimana hidup dengan seorang pelaut. Robin selalu rindu berlayar di laut lepas. Namun Robin tidak pernah pulang dengan terlambat.

"Dia kalau bilang pulang besok, ya benar pasti besok sudah di rumah. Bahkan beberapa kali dia pulang lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Baru kali ini dia tidak pulang tepat waktu, dia pasti merasa bersalah dengan anak-anaknya," ujarnya.

Semenjak kabar penyanderaan itu mencuat, rumah Elona yanh dijadikan posko tidak pernah sepi. Terlebih ketika tadi malam enam ABK juga singgah ke rumahnya. Elona merasa drop dan seperti melihat bayang-bayang Robin.

"Anak-anak sudah seminggu tidak diurus karena saya bingung hatus bagaimana, sulitnya hidup tanpa Robin. Saya mau dia cepat pulang, saya menantikan suami pulang dengan selamat," harapnya.

(Baca juga: Cerita ABK TB Charles yang Selamat dari Sandera Kelompok Abu Sayyaf)

Kompas TV Dua Kelompok Sandera 6 ABK TB Charles

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com