Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Mudik dan Balik Gratis di Banyuwangi Ada 15.000 Orang

Kompas.com - 22/06/2016, 17:33 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Program mudik gratis di Banyuwangi, Jawa Timur, tersedia bagi 15.815 penumpang dan 160 sepeda motor.

Kuota tersebut dibagi menjadi 9.885 penumpang untuk arus mudik dan 5.930 untuk arus balik. Untuk sepeda motor, kuota dibagi dua masing-masing 80 sepeda motor untuk mudik dan balik.

"Mudik gratis untuk pemudik sepeda motor untuk menekan angka kecelakaan," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Suprayogi kepada Kompas.com, Rabu (22/6/2016).

Mudik gratis pada tahun ini akan melayani rute Surabaya-Banyuwangi, Malang-Banyuwangi, Denpasar–Banyuwangi, dan Banyuwangi-Sapeken. Semuanya pulang-pergi.

Jadwal mudik gratis ini akan dimulai pada hari ketiga sebelum Idul Fitri 1437 Hijriah. Adapun balik gratis akan dilaksanakan secara serentak empat hari setelah Lebaran.

Transportasi yang digunakan berupa bus, kapal laut, kereta api, dan truk pengangkut sepeda motor.

Suprayogi menjelaskan, Pemkab Banyuwangi bekerja sama dengan Provinsi Jawa Timur untuk menyediakan 29 bus dan 2 kereta api kelas ekonomi.

Keberangkatan dibagi 2 gelombang yaitu pada 3 Juli 2016 dengan kapasitas 715 orang dan 4 Juli 2016 untuk 660 penumpang.

"Gelombang pertama 13 bus gelombang kedua sebanyak 12 bus. Pemudik akan berangkat dari kantor Dishub Provinsi Jawa Timur sekitar jam 8 pagi," kata dia.

Dari Denpasar–Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi menyiapkan 4 bus dan satu truk untuk menampung sepeda motor para pemudik.

Armada ini diperkirakan bisa menampung 220 penumpang dan 30 motor akan berangkat pada Sabtu 2 Juli 2016.

Untuk kapal laut rute Banyuwangi–Sapeken, dijadwalkan berangkat mulai 29 Juni hingga 12 Juli 2016 dari Pelabuhan Tanjung Wangi, Ketapang, Banyuwangi dengan 12 trip. Diperkirakan akan mengangkut 2.400 penumpang.

Pendaftaran layanan mudik gratis ini dibuka mulai 11 Juni hingga tiket habis. Para pemudik yang ingin memanfaatkan layanan ini bisa langsung mendaftar di Dinas DLLAJ Provinsi Jatim.

"Kalau pendaftaran kapal laut mulai tanggal 13 Juni di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Wangi. Sementara kereta api pendaftaran dibuka mulai tanggal 13 Juni - 11 Juli 2016, dan bisa dilakukan di stasiun terdekat," kata Suprayogi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com