Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan: Bangkai Kapal Rafelia Harus Diangkat

Kompas.com - 16/06/2016, 20:02 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memerintahkan agar bangkai Rafelia 2 yang tenggelam pada Jumat (4/3/2016) lalu untuk segera diangkat karena posisinya bangkai kapal dekat kabel listrik Jawa Bali.

"Harus diangkat dalam 6 bulan kalau tidak syahbandar akan memerintahkan untuk mengangkat bangkai kapal dan biaya akan di tagihkan ke perusahaan. Walaupun negara yang angkat tagihannya tetap kepada perusahaan," kata Jonan di Banyuwangi, Kamis (16/6/2016).

Apalagi menurut Jonan, izin kapal Rafelia sudah dibekukan. Ia juga mencontohkan ada kapal yang tenggelam di wilayah luar Jawa yang juga masih belum diangkatkan.

"Kapal yang tenggelam, bangkainya harus diangkat 6 bulan. Rafelia belum 6 bulan kan?" katanya.

Kapal Rafelia berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang dan mengangkut 82 penumpang beserta anak buah kapal.

Jumlah penumpang yang selamat sebanyak 76 orang, dan enam orang ditemukan meninggal dunia termasuk nakhoda Rafelia 2. baca: Saat Tenggelam, Rafelia II Angkut Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com