Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi HP, 2 Residivis Babak Belur Dihakimi Massa

Kompas.com - 25/05/2016, 22:23 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Zainal Bakri (35) dan Viktor Sibarani (33), keduanya warga Jalan Singosari, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, Pematangsiantar dihakimi massa setelah tepergok mencuri handphone, Rabu (25/5/2016).

Data dihimpun di Polsek Siantar Barat, kedua residivis itu, mencuri satu unit HP merk Samsung di rumah milik Aina (32) warga Jalan Volly, Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat, Pematangsiantar.

Saat akan membawa kabur HP, Zainal dan Viktor tepergok Aina. Tak pelak, Aina pun meneriaki keduanya maling.  Warga yang mendengar teriakan Anita beramai-ramai mengejar Zainal dan Viktor yang melarikan diri menaiki Honda Revo bernopol BK 5183 TAF.

Warga berhasil menangkap Zainal dan Viktor. Keduanya pun dipukuli beramai-ramai oleh warga. Nyawa Zainal dan Viktor selamat dari amukan warga, setelah petugas Polsek Siantar Barat tiba di lokasi penangkapan.

Petugas segera melarikan keduanya ke Polsek Siantar Barat untuk diamankan. Selang dari kejadian, korbannya Aina ditemani suaminya Jackson (35) datang membuat pengaduan.

Kepada petugas Polsek Siantar Barat, Aina menerangkan, kebetulan dia sedang menyusui anaknya di dalam rumah, sedangkan suaminya Jackson di ruangan lantai dua rumahnya. Di tengah lagi menyusui anaknya, Zainal dengan temannya Viktor, singgah ke pekarangan rumah korban.

"Saat masuk ke pekarangan rumah langsung disapanya aku. Dibilangnya Kak," ujar Aina.

Aina tak menaruh curiga dan mengira kedatangan Zainal dan Viktor hanya mau menagih uang jaga malam. Aina pun berjalan ke belakang rumahnya guna memanggil suaminya Jackson.

Rupanya Zainal dan Viktor masuk ke dalam rumah mengambil handphone yang berada dalam tas diletak dekat meja. Untungnya Aina melihat aksi kedua pelaku, sehingga langsung diteriaki maling, lalu warga mengejar dan berhasil menangkap.

Sementara Zainal ketika ditanyai mengaku, sebelumnya sudah dua kali ditangkap dalam kasus yang sama. Dua kali tertangkap, selalu digebuki warga, bahkan hingga ketiga kalinya ditangkap, ia dipukuli warga lagi.

"Kami berdua memang sudah sepakat mau mencuri, Bang. Aku sama ini sudah yang ketiga kali ketangkap mencuri. Baru sekitar empat bulan aku bebas dari Lapas. Sakit kali semua badanku habis dipukuli sama warga disana," ujar Zainal.

Kapolsek Siantar Barat Iptu David Sinaga membenarkan kedua pelaku tertangkap mencuri handphone.

"Kedua pelaku masih diamankan bersama sepeda motor yang dipakai untuk mencuri dan korban Aina yang mengadu sudah dimintai keterangan," ujar David Sinaga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com