Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Jadi Tipe A, Polda Kalbar Akan Tambah 2 Polres Baru

Kompas.com - 19/05/2016, 00:02 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Polda Kalbar) tak lama lagi akan menambah dua Kepolisian Resor (Polres) baru seiring dengan perubahan tipenya dari B ke A.

Dua polres baru tersebut di antaranya Polres Kayong Utara dan Polres Kubu Raya. Saat ini, lahan untuk membangun markas polres tersebut sudah disiapkan.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Kalbar Brigjen Pol Arief Sulistyanto, Rabu (18/5/2016).

Dua Polres tersebut saat ini berada di daerah pemekaran, yaitu pemekaran Kabupaten Pontianak menjadi Kabupaten Mempawah dan Kubu Raya, dan Kabupaten Ketapang dengan Kayong Utara.

"Saat musyawarah perencanan pembangunan, saya akan memberikan beberapa usulan terkait penambahan infrastruktur dan lainnya," ungkap Arief.

Dengan luasan wilayah di Kalbar serta tantangannya yang berbatasan langsung dengan negara bagian Sarawak, Malaysia, maka pihaknya merasa perlu untuk meningkatkan serta menambah sarana dan prasarana.

"Skala prioritas tipe B saat ini sudah lumayan. Saat ini Polda Kalbar ada sekitar 11.000 lebih personel atau sesuai DSP, yakni 17.000," katanya.

Selain itu, Polda Kalbar juga akan mengusulkan penambahan kuota penerimaan personel baru.

"Untuk polisi laki-laki yang kuotanya berkisar 300 personel akan diusulkan menjadi 500 personel, sedangkan untuk polisi wanita yang kuotanya berkisar 70 orang akan diusulkan penambahan 100 orang hingga 150 orang," katanya.

Di wilayah hukum Polda Kalbar, terdapat lima polres yang berada di kawasan perbatasan, yakni Polres Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang, dan Polres Kapuas Hulu yang meliputi 14 kecamatan, 98 desa, 52 jalan tikus dan 55 desa. Wilayah tersebut berbatasan langsung dengan 22 kampung yang ada di Malaysia.

"Dengan naiknya tipe, maka Polda Kalbar akan dipimpin oleh jenderal bintang dua atau Inspektur Jenderal," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com