Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Santai dan Kampanye Tertib Berlalu Lintas Warnai "May Day" di Kabupaten Semarang

Kompas.com - 01/05/2016, 09:25 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Peringatan hari buruh internasional di Kabupaten Semarang diwarnai aksi jalan santai dan kampanye keselamatan berlalu-lintas.

Pelaksanaan jalan santai yang diikuti sekitar 3.000 orang buruh itu dilepas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di halaman pendopo rumah dinas Bupati Semarang di Ungaran, Minggu (1/5/2016).

Ganjar mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai upaya untuk memelihara iklim ekonomi kondusif di Jawa Tengah.

Dia mengharapkan para buruh dan pengusaha terus mengupayakan produktivitas sehingga isu mengenai kesejahteraan buruh tidak lagi menjadi permasalahan.

"Maka kalau kemudian semuanya bisa tinggi, maka kalau cerita upah itu, upah juga akan terdorong naik. Nah harapan inilah yang kita sampaikan, caranya bagaimana? Ya meningkatkan kapasitas, (caranya) apa? Pelatihan, memberikan fasilitas kepada buruh kita (agar) makin terampil, makin produktif, kualitasnya makin bagus. Sehingga dalam konteks persaingan global, kita bisa nomor satu," kata Ganjar.

Dalam kegiatan ini, Polres Semarang juga "menyelipkan" kampanye program tertib berlalu lintas, terutama karena banyaknya stigma negatif terkait perilaku berlalu lintas para buruh saat berunjuk rasa.

Salah satu perilaku berlalu lintas yang kerap dikeluhkan warga adalah menggelar konvoi kendaraan bermotor seolah  tanpa menghiraukan pengguna jalan yang lain.

"Kesan yang muncul dalam May Day di tahun-tahun sebelumnya itu identik dengan kerusuhan, identik dengan ketidaktertiban berlalu lintas, tapi kita ingin mengajak bersama-sama bahwa May Day tahun ini kegiatannya sosial," kata Kasatlantas Polres Semarang AKP Dwi Nugroho.

"Kita tunjukkan bahwa perayaan tahun ini bersama-sama dengan kepolisian, instansi pemerintah, adalah sebuah aksi tertib dan damai," tambah Dwi.

Selain kegiatan jalan sehat dan panggung hiburan, peringatan May Day di Kabupaten Semarang juga diwarnai kegiatan "resik-resik Rawapening" alias membersihkan Rawapening.

Para buruh bergabung dengan ribuan relawan untuk membersihkan danau Rawapening dari hama gulma enceng gondok.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai melepas peserta jalan santai buruh dirumah dinas Bupati Semarang, juga bergabung dengan aksi para buruh dan relawan membersihkan enceng gondok di danau Rawapening.

Ganjar juga dijadwalkan berdiaoog dengan para buruh di Kawasan Industri Wijaya Kusuma, Semarang sebelum mengikuti peringatan May Day di Kabupaten Kendal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com