Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Meninggal, JS Badudu Terserang Stroke

Kompas.com - 13/03/2016, 08:51 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Guru Besar Universitas Padjadjaran Jusuf Sjarif Badudu meninggal dunia di Rumah Sakit Hadan Sadikin (RSJS) Bandung, Sabtu (12/3/3016) pukul 22.10 WIB.

Pria yang akrab disapa JS Badudu ini meninggal karena penyakit komplikasi yang dideritanya.

"Beliau meninggal pada usia 89 tahun karena komplikasi penyakit yang diderita semasa tuanya. Dua hari sebelum wafat, ia dirawat inap di RSHS karena serangan stroke," ujar cucu ke-7 JS Badudu, Ananda Badudu, Minggu (13/3/2016).

Ananda menjelaskan, sekitar sepuluh tahun belakangan, JS Badudu beberapa kali terserang stroke ringan maupun berat. Akibatnya, kondisi fisiknya terus menurun.

JS Badudu dikaruniai 9 anak, 23 cucu, dan 2 cicit. Istrinya, Eva Henriette Alma Koroh, lebih dulu berpulang pada 16 Januari 2016 lalu pada usia 85 tahun. Mereka telah menikah selama 62 tahun.

Jenazah JS Badudu akan disemayamkan di tempat tinggalnya, Bukit Dago Selatan 27, Bandung. Setelah dishalatkan, rencananya jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung.

Kompas TV JS Badudu, Sang Pakar Bahasa Indonesia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com