Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Labora Sitorus Diterbangkan ke Jakarta

Kompas.com - 07/03/2016, 12:03 WIB
JAYAPURA, KOMPAS.com - Labora Sitorus, terpidana kasus pencucian uang dan pembalakan liar, diterbangkan ke Jakarta, Senin (7/3/2016).

Kepada Antara, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Royke Lumowa mengatakan, Labora sudah diterbangkan pukul 12.15 WIT dengan menggunakan pesawat NAM Air.

Sebelum diterbangkan dengan pengawalan ketat anggota Brimob dari Kelapa Dua, Jakarta, Labora sempat memberikan keterangannya kepada penyidik di Polres Sorong.

Dari keterangannya terungkap, sejak melarikan diri dari rumahnya di kawasan Kampung Arang, Jumat (4/3/2016), Labora sempat bersembunyi di dua lokasi berbeda untuk menghindari penangkapan.

Salah satu lokasi yang menjadi tempat persembunyiannya adalah Kampung Boweser, Sorong. Menurut Lumowa, Labora menyerahkan diri, Senin dini hari sekitar pukul 03.00 WIT dengan diantar tukang ojek.

(Baca juga: Kapolda: Labora Menyerahkan Diri karena Kehabisan Bekal)

Sedianya, Labora dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta, pada Jumat (4/3/2016). Namun, dia melarikan diri dari kediamannya saat hendak dijemput oleh petugas dari Direktorat Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM.

Selama ini, Labora mengaku sakit dan menyalahgunakan izin berobat agar dapat kembali ke rumahnya. Hal tersebut yang membuat Labora tak kunjung ditahan hingga menjadi terpidana 15 tahun penjara.

Labora telah divonis 15 tahun penjara dan denda sebesar Rp 5 miliar pada 17 September 2014. Labora terkena kasus tindak pidana pencucian uang karena kepemilikan dana di rekening bank sebesar Rp 1,5 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com