Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Bidik Kemenangan di Pilkada Simalungun

Kompas.com - 06/02/2016, 18:23 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan membidik kemenangan di pemilihan kepala daerah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, pada 10 Februari 2016.

Daerah tersebut dianggap sangat strategis karena dikenal sebagai lumbung pangan dan potensial sebagai daerah wisata.

Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, calon bupati dan wakil bupati yang diusung partainya akan memprioritaskan program pertanian dan pangan di Simalungun.

Para petani akan dimudahkan memperoleh modal bertani dan kesejahteraan dan pendidikan keluarga petani serta buruh perkebunan juga akan diperhatikan.

"Daerah ini adalah lumbung pangan, penghasil hortikultura, sangat penting," kata Hasto, melalui pernyataan tertulis, Sabtu (6/2/2016).

Hasto juga menekankan bahwa Simalungun harus berperan penting dalam pengembangan kawasan Danau Toba. Karena itu, ia berharap masyarakat Simalungun dapat memilih calon pemimpinnya dengan tepat dan tidak terjebak dalam politik uang.

Berkembangnya Danau Toba diyakini akan mengenjot perekonomian Simalungun. Di luar itu, Danau Toba telah ditetapkan sebagai objek wisata prioritas yang akan dikembangkan pemerintah pusat menjadi destinasi wisata internasional.

"Simalungun harus bisa mengambil keuntungan terbesar dari berkembangnya Danau Toba," ucap Hasto.

Simalungun merupakan salah satu daerah yang tertunda melaksanakan pilkada serentak pada 9 Desember 2015. Pilkada Simalungun diikuti oleh calon Tumpak Siregar-Irwansyah Damanik, Evra Sassky Damanik-Sugito, Nuriaty Damanik-Posma Simarmata, JR Saragih-Amran Sinaga, dan Lindung Gurning-Soleh Saragih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com