Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Tak Permasalahkan LGBT, tetapi...

Kompas.com - 26/01/2016, 17:22 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil angkat suara soal maraknya akun media sosial yang mengampanyekan dukungan untuk kelompok lesbian, gay, biseksual, dan transjender (LGBT).

Sepekan terakhir, dunia maya digegerkan dengan adanya posting-an foto vulgar sesama jenis yang diunggah pemilik akun Twitter @gaykids_botplg.

Akun tersebut mendapat kecaman keras dari para netizen. Saat ini, akun tersebut telah diblok pihak Twitter.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan, pada dasarnya, dia tak mempermasalahkan keberadaan LGBT lantaran kehidupan seks merupakan ranah pribadi.

"Kalau saya pada dasarnya tidak mempermasalahkan, (itu) urusan pribadi masing-masing. Tetapi, pada saat membuka diri kemudian mengajak secara tidak langsung, menurut saya, itu yang melanggar etika dan norma dan pasti saya tindak," kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Selasa (26/1/2016).

Sebagai sosok pejabat yang aktif di media sosial, Emil mengaku akan menindak tegas warga Bandung yang melakukan kampanye LGBT secara terbuka.

"Kita hidup tidak bisa sebebas-bebasnya seperti yang kita mau. Bahwa sebagian dari kita 'berbeda', kita kan enggak tahu ya itu urusan masing-masing. Kalaupun ada preferensi seksual pribadi, tidak boleh terekspos atau melakukan upaya-upaya kampanye publik karena ada norma yang tidak diterima di Indonesia," katanya.

Kampanye secara terbuka, lanjut Emil, menjadi acuan Pemkot Bandung dalam menyikapi keberadaan LGBT.

"Jadi, Pemkot akan bertindak jika fenomena yang tidak sesuai norma dipublikasikan, open ke publik. Jika ada, saya akan selidiki. Saya akan tutup akunnya, di-suspend, baru menjadi sebuah telaahan," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com