Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kawasan Industri Karawang yang Akan Dilintasi Kereta Cepat

Kompas.com - 26/01/2016, 10:05 WIB
KOMPAS.com - Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menjadi salah satu daerah yang akan dilintasi oleh kereta cepat Jakarta-Bandung.

Rencananya, proyek kereta api cepat ini akan melintas di lahan kawasan industri di sekitar Karawang, yaitu di Kecamatan Telukjambe Barat, Tegalwaru dan Pangkalan.

Untuk memfasilitasinya, Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan segera merevisi Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah untuk mendukung program Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah setempat Eka Sanatha, di Karawang, Minggu, mengatakan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang diberlakukan mulai 2011-2031, tidak dibahas tentang pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung.

"Saat pembahasan Perda (Peraturan Daerah) tentang RTRW Karawang pada 2011, belum ada program kereta cepat. Jadi tidak ada pembahasan tentang program kereta cepat dalam Perda itu," katanya saat dihubungi.

Eka mengatakan, untuk mendukung program pemerintah pusat tentang proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, revisi Perda RTRW perlu dilakukan. Pasalnya, jalur kereta cepat itu akan melintasi wilayah Karawang.

"Revisi Perda tentang RTRW akan segera direvisi. Kami sudah menerima surat dari gubernur terkait dengan rencana revisi Perda RTRW itu," katanya.

Eka mengaku sudah beberapa kali mengikuti pembahasan bersama pemerintah pusat dan Pemprov Jabar terkait dengan program itu.

Dengan demikian, lanjutnya, proyek kereta cepat itu dipastikan tidak akan menggusur permukiman warga. Dia mengaku sudah melakukan sosialisasi terkait dengan program kereta cepat tersebut ke masyarakat serta kalangan industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com