Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNS Diizinkan Libur pada Hari Ulang Tahun Ibunya Masing-masing

Kompas.com - 23/12/2015, 10:33 WIB
PURWAKARTA, KOMPAS.com - Mulai pada peringatan Hari Ibu tahun ini, Selasa (22/12/2015), Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mempersilakan para pegawai negeri sipil (PNS)-nya mengambil cuti pada hari ulang tahun ibunya masing-masing.

"Kebijakan cuti bagi pegawai pada hari kelahiran ibunya merupakan bagian dari upaya Pemkab Karawang menghormati dan memuliakan pada ibu," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, di Peringatan Hari Ibu di Purwakarta, Selasa.

Ia mengatakan, kebijakan tentang cuti bagi pegawai negeri sipil pada hari kelahiran ibunya itu tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 463/Kep.1014-Ortala/2015 tentang Penetapan Hari Kelahiran Ibu dari Seorang Aparatur Sipil Negara sebagai Hari Libur.

Selain pegawai, ke depannya sekolah di seluruh Purwakarta, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, juga harus memberikan libur bagi siswa pada hari kelahiran ibunya.

Kebijakan tersebut diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 463/Kep.1015-Disdikpora/2015. Salah satu tujuannya adalah agar siswa bisa membantu sang ibu di hari kelahirannya

Siswa yang ibunya sudah meninggal juga tetap dibolehkan libur untuk bisa berziarah atau sekedar membersihkan makam ibunya.

"Kebijakan yang baru ini direalisasikan terhitung sejak 22 Desember 2015," kata Dedi.

Ia menyatakan, peringatan Hari ibu seharusnya tidak dijadikan acara seremonial semata, tetapi dijadikan momentum untuk memuliakan ibu. Sebab, seorang ibu memiliki hubungan emosial yang kuat dengan anaknya lantaran telah melahirkan sang anak ke dunia.

"Untuk memelihara hubungan antara ibu dan anak, maka harus ada ruang bagi pegawai untuk memuliakan dan memanjakan ibunya. Jadi setiap pegawai dibolehkan cuti saat hari kelahiran ibunya. Kalau pun ibu yang bersangkutan sudah meninggal, bisa ziarah ke makamnya," kata dia.

Mengenai teknis pelaksanaan kebijakan itu, Sekretaris Daerah Pemkab Purwakarta Padil Karsoma mengaku sudah menyiapkan data para pegawai berikut daftar kelahiran ibunya untuk meminimalisasi penyalahgunaan izin cuti pada kelahiran ibu.

"Semuanya sudah kita persiapkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com