Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Gunung Merapi Meluas ke Kabupaten Magelang

Kompas.com - 02/11/2015, 19:30 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kebakaran yang melanda Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Kabupaten Boyolali kini meluas hingga ke Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Setidaknya dua titik api terpantau di kawasan puncak Gunung Merapi, pada Senin (2/11/2015) siang.

Salah satunya terpantau di lahan rumput kering dan pohon pinus di Desa Ngargomulyo,  Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

"Petugas masih berupaya memadamkan api secara manual dengan peralatan sederhana. Api sulit dipadamkan karena medan yang terjal," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Sujadi.

Sujadi menyebutkan terdapat sekitar 100 personel gabungan dari BPBD dan TNI ikut memadamkan api. Bantuan logistik juga telah dikirimkan ke sekitar lokasi kebakaran. 

Dijelaskan, awalnya kebakaran terjadi di semak belukar di kawasan Kandang Macan, Kecamatan Srumbung.  Vegetasi yang sangat kering dan tiupan angin kencang membuat api terus merambat.

"Kami belum bisa memastikan berapa luasan lahan yang hangus terbakar. Petugas dari TNGM masih menghitungnya," imbuh Sujadi.

Ia juga belum dapat memastikan penyebab kebakaran yang melanda TNGM untuk kesekiankalinya itu.

Dugaan sementara penyebabnya karena faktor ulah manusia. "Kami terus meminta masyarakat untuk waspada, kondisi kemarau ini sangat rawan kebakaran. Mari saling menjaga ekosistem hutan demi menjaga ketersediaan oksigen," tutup Sujadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com