Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santap Jamur di Kebun, Satu Keluarga Keracunan

Kompas.com - 28/10/2015, 18:04 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Satu keluarga di Desa Paloh Panyang, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Aceh, keracunan setelah mengonsumsi jamur yang diambil di kebun tak jauh dari kediaman mereka.

Mustafa (48), sang ayah, bersama keempat anaknya dilarikan ke IGD RSUD dr Fauziah Bireuen, Selasa (27/10/2015) malam.

Mustafa dan keempat anaknya mengalami pusing dan muntah-muntah setelah menyantap jamur yang dimasak di rumahnya. Saudah (39), isteri Mustafa, dan anak bungsunya selamat dari musibah tersebut karena tidak ikut mencicipinya.

Saudah mengatakan, kemarin pagi, dia memetik jamur tersebut bersama seorang tetangga. lantas ia memasaknya pada sore hari untuk dinikmati keluarganya pada malam hari.

“Kebetulan saya tak ikut makan dengan anak yang kecil karena sibuk menyiakapkan kebutuhan lain di dapur, begitu lihat semua muntah-muntah saya terkejut dan melarikan semua ke rumah sakit," ungkap Saudah.

Saudah menjelaskan, awalnya yang merasa pusing lalu muntah-muntah adalah anak tertuanya Afdhal Akbar setelah satu jam makan malam dengan jamur. Lalu disusul Rajuddin dan suaminya muntah. Kedua anak lainnya lalu juga mengalami gejala sama.

Direktur RSUD dr Fauziah, dr Mukhtar, mengatakan, hasil pemeriksaan dokter menunjukkan bahwa keluarga tersebut diduga korban keracunan jamur. Dia pun menyarankan warga untuk berhati-hati sebelum mengonsumsi aneka jamur yang tumbuh di sembarang tempat.

"Iya hasil pemeriksaan dokter memang satu keluarga itu mengalami keracunan, namun hari ini sudah membaik walau belum diperbolehkan pulang,” ungkap Mukhtar, Rabu (28/10/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com