Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Tomat Jadi Pembaca Naskah Sumpah Pemuda

Kompas.com - 28/10/2015, 14:31 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

TAKENGON, KOMPAS.com - Ada yang menarik dari pelaksanaan upacara peringatan Sumpah Pemuda di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Aceh, Rabu (28/10/2015) pagi.

Seorang petugas pembaca naskah sumpah pemuda merupakan seorang pedagang tomat yang setiap hari membuka lapak di Pasar Terpadu Paya Ilang, Takengon.

"Saya tidak pernah sama sekali menjadi petugas dalam suatu upacara apa pun, tetapi kali ini saya merasakan sesuatu yang luar biasa," kata Syukran usai upacara.

Pria berambut kriwil ini bahkan tidak tampak gugup saat membacakan naskah Sumpah Pemuda yang dirumuskan pada 28 Oktober 1928 tersebut. Dengan tegas dan sigap, dia melakukan tugasnya dengan didampingi oleh dua orang petugas upacara lainnya, yaitu Satria Darmawan yang membacakan teks UUD 1945 serta Musliadi menjadi petugas pembaca naskah sumpah pemuda merah putih menuju Indonesia Hebat (Sumpah Pemuda Jilid II).

"Saya bangga karena bisa berbuat sesuatu untuk nusa dan bangsa," kata Syukran yang ternyata merupakan alumni Universitas Gajah Putih, Takengon.

Upacara yang diikuti ratusan orang dari berbagai instansi maupun pelajar dari SMA di sekitar Kota Takengon ini berlangsung khidmat. Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, bertindak sebagai inspektur upacara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com