Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit Batu Ginjal, Pasien BPJS Sudah 2 Minggu Belum Dioperasi di RSCM

Kompas.com - 14/09/2015, 12:57 WIB
Frans Pati Herin

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Hingga Senin (14/9/2015), Ida Halim (56), pasien asal Ambon, Maluku, yang dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) belum juga menjalani operasi. Padahal, kondisi pasien yang menderita panyakit batu ginjal itu kian parah.

Hary Purwanto, anak dari pasien itu, di Ambon, mengatakan, ibunya dirujuk dari RSUD Haulussy Ambon pada Senin, dua pekan lalu, dengan menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan).

Keesokan harinya, Selasa (1/9/2015), Ida yang didampingi anaknya di Jakarta datang ke RSCM untuk berkonsultasi dengan dokter. Mereka mengira akan secepatnya dioperasi sesuai dengan rujukan RS sebelumnya.

Namun, lanjut Hary, ibunya hingga kini belum juga dioperasi. "Kondisi ibu semakin parah. Dia muntah-muntah dan badannya lemas," kata Herry yang baru saja menghubungi ibunya.

Selama di Jakarta, Ida tinggal dengan anaknya di sebuah kamar kos. Hampir setiap hari, Ida mendatangi RSCM untuk menanyakan kepastian operasi. "Kami berharap, ibu kami yang datang dari daerah secepatnya dibantu," ucap Hary.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com