Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati: Tasikmalaya Siaga Bencana Kemarau Panjang

Kompas.com - 21/08/2015, 12:59 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menetapkan wilayahnya berstatus siaga bencana kemarau panjang. Hal ini sesuai kondisi hampir sebagian wilayahnya mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

"Mulai hari ini Kabupaten Tasikmalaya ditetapkan siaga bencana kemarau panjang. Sampai sekarang sudah setengahnya dari seluruh jumlah kecamatan yang mengalami kekeringan dan warganya membutuhkan air bersih," ujar Uu di Kompleks Perkantoran Bupati Tasikmalaya, Jumat (21/8/2015).

Uu pun mengaku telah berkoordinasi dengan beberapa pihak swasta dan isntansi terkait di wilayahnya untuk mengatasi dampak kemarau di Kabupaten Tasikmalaya. Mereka diharapkan siap membantu memberikan stok air bersih bagi warga yang sangat membutuhkan, apalagi ada puluhan titik yang saat ini mengalami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih.

"Warga kami sekarang membutuhkan air bersih, selain meminta bantuan ke pusat, pemerintah daerah pun mengajak perusahaan swasta untuk peduli terhadap warga yang kesulitan air bersih," kata Uu.

Sesuai dengan informasi dari BMKG, lanjut Uu, wilayahnya masih rawan kemarau sampai akhir Desember nanti. Pemerintah setempat akan melakukan beberapa upaya untuk mengatasi dampak kekeringan yang menimpa warga di wilayahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com