Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Penyelam Siap Tanam Terumbu Karang di Sabang

Kompas.com - 15/08/2015, 11:29 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

SABANG, KOMPAS.com - Sebanyak 200 penyelam dari berbagai kalangan meramaikan aksi penanaman terumbu karang di Pantai Gapang, Sabang, Provinsi Aceh. Gerakan tanam sejuta terumbu karang tersebut merupakan gerakan nasional yang akan dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (15/8/2015) ini.

Penanaman terumbu karang serentak akan dilakukan di tiga titik di Indonesia, masing-masing di Pantai Gapang di Sabang, Aceh, lalu Pantai Malalayang di Manado, Sulawesi Utara, serta Pantai Tapal Kuda di Ambon, Maluku.

Di Sabang, kegiatan ini akan dihadiri oleh Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pujiastuti. Selain aksi tanam sejuta karang, aneka kegiatan lain juga digelar untuk sosialisasi peduli alam dan terumbu karang yang dilakukan oleh Korps Marinir Indonesia, di antaranya pengenalan potensi bahari kepada masyarakat dan kegiatan bersih bersih pantai.

DanpasMar 2, Kol Mar Hasanuddin, mengatakan bahwa kegiatan bersih pantai yang dilakukan di Pantai Gapang, Sabang juga melibatkan pelajar dan mahasiswa.

"Ini bertujuan juga untuk mendekatkan generasi muda kepada alam khususnya laut, agar tumbuh kesadaran sejak dini yang lebih tinggi untuk cinta kepada alam dan khusunya lagi bisa menjadi bagian dari konservasi laut," ujar Hasanuddin, Sabtu (15/8/2015).

Selain itu, sebutnya dengan menjaga keutuhan laut dan alamnya maka indonesia bisa menjaga potensinya sebagai poros maritim ketiga dunia. Susi dijadwalkan tiba siang ini di Pantai Gapang untuk menyaksikan aksi tanam sejuta karang tersebut. Di seluruh Indonesia, penanaman dilakukan di 22 provinsi dengan 358 titik penanaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com