Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Juanda Kembali Beroperasi

Kompas.com - 17/07/2015, 14:07 WIB


SURABAYA, KOMPAS.com — Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo kembali beroperasi mulai pukul 09.00 WIB, Jumat (17/7/2015), setelah sempat ditutup selama hampir 20 jam akibat debu erupsi Gunung Raung.

"Bandara Juanda dibuka dan mulai normal pukul 09.00 WIB," ujar staf Humas PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya, Liza Anindya, ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat, seperti dikutip Antara.

Bandara Juanda sempat ditutup pada Kamis (16/7/2015) pukul 13.30 WIB hingga pukul 20.30 WIB, lalu diperpanjang hingga keesokan harinya pukul 06.00 WIB.

Pergerakan debu yang mengarah dari Gunung Raung ke barat masih menutup udara di atas Surabaya dan sekitarnya sehingga Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali merekomendasikan penutupan bandara hingga Jumat pukul 12.00 WIB.

"Tetapi, kami menerima rekomendasi baru, pukul 09.00 WIB sudah bisa dilintasi dan debu sudah mulai bergerak. Karena penerbangan aman, maka sudah mulai beraktivitas lagi," katanya.

Kendati demikian, pihaknya akan kembali menutup bandara dan aktivitas penerbangan jika debu bergerak lagi serta mengganggu lalu lintas udara.

"Sifatnya kondisional dan tidak menutup kemungkinan jika debu kembali bergerak dan memengaruhi penerbangan," katanya.

Sejak dibuka tadi, aktivitas penerbangan komersial pertama yang mendarat adalah maskapai penerbangan Lion Air dari Banjarmasin pada pukul 09.53 WIB.

Sementara pemberangkatan pertama dari Bandara Juanda sejak ditutup yakni Lion Air jurusan Surabaya ke Balikpapan pada pukul 11.03 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com