Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-2 Lebaran, Pemudik di Pelabuhan Belawan Membludak

Kompas.com - 16/07/2015, 01:40 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Pemudik di Pelabuhan Belawan membludak dan tercatat ada 2.899 warga yang tiba pada H-2 Idul Fitri 1436 Hijriah, Rabu (15/7/2015) sore.

Kepala PT Pelni Cabang Medan Budi Santoso mengatakan, pemudik yang tiba di Pelabuhan Belawan tersebut umumnya dari Batam, Provinsi Kepulauan Riau yang kembali ke Sumut untuk merayakan Lebaran. Para pemudik tersebut tiba di Pelabuhan Belawan dengan menggunakan angkutan kapal laut KM Kelud.

Sedangkan penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Belawan tujuan Pelabuhan Sekupang, Batam mencapai sebanyak 890 orang. "Jadi, jumlah penumpang mudik yang tiba di Belawan jauh lebih besar bila dibandingkan penumpang yang berangkat ke Batam," ujar Budi.

Ia menyebutkan, kedatangan para penumpang mudik tersebut untuk merayakan Hari Lebaran tahun 2015 di kampung halaman mereka.

Para penumpang yang turun di Belawan seluruhnya dalam keadaan tertib, aman, lancar, serta tidak ada ditemui kendala yang berarti. Untuk menjamin kelancaran dan keamanan tersebut, Pelni yang melakukan sejumlah kebijakan dalam mengatur para penumpang menggunakan jasa KM Kelud sambil terus memantau segala perkembangan yang terjadi di lapangan.

"PT Pelni Medan terus berkordinasi dengan syahbandar dan instansi terkait lainnya, sehingga penumpang KM Kelud dalam keadaan aman," kata Budi.

Budi mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan para penumpang menjelang Idul Fitri ini, KM Kelud melakukan empat kali pelayaran. "Kita berharap pelayaran menggunakan KM Kelud yang merupakan kebanggaan bagi masyarakat Sumut itu, tetap aman dan para penumpang merasa puas," kata dia.

Sebelumnya, sebanyak 2.838 penumpang dari Pelabuhan Sekupang Batam-Tanjung Balai Karimun-Tanjung Priok tiba di Pelabuhan Belawan, Senin (13/7) siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com